EmitenNews.com -Gubernur The Fed Christopher Waller menyatakan bahwa The Fed kemungkinan akan menurunkan suku bunga tahun ini.

Namun, Waller menekankan bahwa penurunan suku bunga tidak perlu dilakukan secara cepat karena kondisi ekonomi yang masih baik.

Pernyataan Waller ini sedikit meredam optimisme pasar yang sebelumnya memperkirakan The Fed akan mulai menurunkan suku bunga pada bulan Maret. Akibatnya, imbal hasil Treasury mengalami kenaikan yang cukup tajam.

Waller menjelaskan bahwa di masa lalu, The Fed seringkali menurunkan suku bunga secara reaktif dengan cepat dan dalam jumlah besar.

Namun, dengan kondisi ekonomi dan pasar tenaga kerja yang saat ini masih baik, serta inflasi yang perlahan turun menuju 2%, Waller tidak melihat alasan untuk melakukan langkah yang sama.

Dengan kata lain, The Fed akan tetap berhati-hati dalam mengambil langkah untuk menurunkan suku bunga. Penurunan suku bunga akan dilakukan secara bertahap dan terukur, dengan mempertimbangkan kondisi ekonomi dan data terkini.