EmitenNews.com - Pertalite masih ada. PT Pertamina memastikan bahan bakar minyak (BBM) jenis pertalite tersedia dan masih disalurkan seperti biasa. Karena itu, masyarakat tidak perlu khawatir sehingga harus mengantri di SPBU.

 

"Stok banyak dan cukup. Balikpapan saja tetap dapat 350.000 liter per hari," kata Humas PT Pertamina Patra Niaga Regional Kalimantan Arya Yusa Dwicandra di Balikpapan, Selasa (17/10/2023).

 

Patra Niaga adalah bagian Pertamina yang mengurusi penyaluran BBM dan gas elpiji.

Patra Niaga Kalimantan bertanggungjawab atas distribusi bahan bakar ke seluruh Kalimantan yang merupakan bagian dari Republik Indonesia. 

 

Pernyataan Arya Yusa Dwicandra ini untuk menjawab isu yang mengatakan BBM jenis pertalite akan dihentikan penyalurannya dan digantikan jenis BBM baru yang lebih mahal.

 

Arya Yusa Dwicandra menegaskan, pertama, penyaluran pertalite adalah tugas dari negara. Tugas itu dituangkan dalam Peraturan Presiden Nomor 191 tahun 2014.

 

Kedua, sebab penugasan itu, tidak ada rencana penghapusan pertalite sebagai BBM yang diproduksi dan disalurkan Pertamina. Setidaknya, dalam waktu dekat ini, tidak ada rencana untuk menghapus BBM subsidi tersebut.

 

Arya juga menjelaskan soal pertalite, seperti disampaikan Direktur Utama Pertamina, mengenai penambahan etanol dalam pertalite untuk peningkatan kualitas bahan bakar, masih dalam kajian. 

 

Etanol adalah bahan bakar yang diproduksi dari buah atau biji tumbuhan tertentu.