EmitenNews.com - UMKM binaan Perum Percetakan Uang Republik Indonesia (Peruri) turut unjuk gigi dalam gelaran Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN 2023 yang diselenggarakan di Labuan Bajo, Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur, pada 9-11 Mei 2023. 

 

Peruri membawa empat UMKM binaan yang bergerak di bidang makanan dan minuman (food and beverage) di antaranya Salaku, Dapoer Bintang Jaya, Maemkoe dan Dapoer Kia.

 

"Melalui pembinaan yang selama ini kami jalankan, saya rasa produk UMKM kami sudah siap untuk ekspor. Kemasannya menarik, produknya juga memiliki kualitas dan cita rasa yang baik," kata Kepala Biro Strategic Corporate Branding dan TJSL Peruri Ratih Sukma dalam keterangan di Jakarta, Jumat (12/5/2023).

 

Rumah BUMN yang diinisiasi Kementerian BUMN membantu memperkenalkan UMKM Indonesia ke dunia internasional. Itu dilakukan dengan membentuk Small and Medium Enterprises (SMEs) HUB di Kawasan Waterfront Marina, yang menjadi rangkaian acara pendukung KTT ASEAN 2023.

 

Kementerian BUMN memiliki komitmen kuat untuk memajukan UMKM Indonesia sebagai ujung tombak pondasi perekonomian negara.

 

Salah satu bentuk perluasan yang difasilitasi Kementerian BUMN untuk mendukung UMKM Binaan Perusahaan BUMN ialah dengan membuat e-katalog dan aplikasi PaDi BUMN untuk memudahkan transaksi di dunia digital.

 

"Melalui SMEs HUB, harapannya produk-produk UMKM dapat dikenal oleh para delegasi dari negara-negara di Asia Tenggara," tambah Ratih Sukma. ***