EmitenNews.com - PT Volta Indonesia Semesta, perusahaan patungan PT NFC Indonesia Tbk  (IDX:  NFCX)  –  MCAS  Group  dan  SiCepat,  meresmikan  pabrik  kendaraan  listrik  pertamanya  di Indonesia pada Kamis, 11 November 2021. Ini yang pertama Pabrik Volta berlokasi di Kawasan Industri Candi,  Kota  Semarang,  Jawa  Tengah.  

 

Peresmian pabrik Volta  di  kota  Semarang  ini  dilakukan  oleh Walikota Semarang, Hendrar Prihadi didampingi Kapolres Semarang Kombes Pol Irwan Anwar, S.I.K., dan Direktur PT. Volta Indonesia Semesta, Willty Awan. Selain itu, Deddy Corbuzier, Brand Ambassador Volta, juga hadir untuk mengawali pembukaan pabrik Volta  dengan  penandatanganan  prasasti  oleh  Walikota  Semarang,  Dr.  Hendrar  Prihadi,  sebagai tanda resmi beroperasinya pabrik.

 

Walikota  Semarang  mengatakan  bahwa  keberadaan  Volta  dengan  kendaraan  listriknya  pasti sangat membantu peran pemerintah terutama untuk mengurangi polusi di Indonesia dan menciptakan  udara  yang  lebih  bersih  sehingga  warga  menjadi  lebih  sehat.  “Jika  semuanya  berjalan sesuai ketentuan, Indonesia akan semakin maju, Jateng semakin jaya dan Semarang semakin berkah”, tambah Hendrar Prihadi.

 

Direktur  PT  Volta  Indonesia  Semesta,  Willty  Awan  mengatakan, dalam melaksanakan program Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (KBLBB) optimis  dapat  memproduksi sebanyak  5.000  unit  motor  listrik  setiap bulannya, dan mencapai 60.000 unit motor listrik setiap tahunnya. Volta bekerjasama dengan PT  Energi Selalu Baru sebagai penyedia teknologi Battery Replacement System (SGB) yang digunakan sebagai sumber energi utama kendaraan listrik Volta.


Presiden Direktur PT Energi Selalu Baru, Abraham Theofilus mengatakan, “Battery  Replacement  System (SGB) merupakan inovasi terbaru untuk sumber tenaga kendaraan bermotor yang lebih ramah lingkungan. Kolaborasi dua teknologi terbaru ini merupakan  inovasi  apik  yang  kami harapkan  dapat  mendorong tumbuhnya ekosistem KBLBB di tanah air.”

 

Executive  Vice  President  of Digital  Product  &  Automotive  Category  Blibli. “Blibli terus berusaha memberikan pengalaman berbelanja  terbaik  melalui  berbagai  inovasi  layanan  yang  terintegrasi  secara  omnichannel  dengan Volta  EVs  juga  dilengkapi  dengan aplikasi yang dapat  diunduh di smartphone untuk  memudahkan pemilik  kendaraan  dalam  mencari  informasi,  mendaftarkan  pengguna,  menghidupkan/mematikan sepeda motor, meminjam sepeda motor, mencari dealer serta servis aneka sepeda motor.

 

Selanjutnya, stasiun SGB akan dipasang di 150 titik, tepatnya 100 unit di Jabodetabek dan 50 unit yang tersebar  di  Bandung, Semarang,  Jogja, Surabaya, dan Bali serta  akan tersedia  di  SiCepat  HUB  dan SiCepat Point. Lokasi stasiun SGB dan ketersediaan unit baterai dapat dicek melalui aplikasi SGB yang dapat diunduh di Play Store.