EmitenNews.com - PT Janu Putra Sejahtera Tbk (AYAM) menggelar penawaran awal atau book building hari ini 10-16 November 2023  pada kisaran harga  Rp100-Rp110 per lembar. Sehingga dana yang bakal di raup dari IPO ini berkisar Rp80 miliar hingga Rp88 miliar.

 

Dalam prospektus e-ipo Jumat (10/11) Perusahaan Peternakan dan Rumah Potong Ayam tersebut dalam  Initial Public Offering (IPO) melepas sebanyak 800 juta saham baru setara dengan 20 persen dari modal ditempatkan dan disetor penuh pada nilai nominal Rp25 per lembar.

 

Bertindak sebagai penjamin pelaksana emisi efek  UOB Kay Hian Sekuritas (AI)

 

Dana hasil IPO akan digunakan sekitar Rp40, 6 miliar  untuk pembelian beberapa bidang tanah di Desa Ngawis, Kecamatan Karangmojo, Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta untuk kandang pengembangbiakan ayam.

 

Tanah seluas 61,1 hektar itu milik pemegang saham utama sekaligus Komisaris Utama (Komut), yakni Singgih Januratmoko dan keponakannya, Fransiskus Xaverius Suharno.

 

Kemudian, sebesar Rp15.520.423.750 miliar dari dana IPO untuk pembelian beberapa bidang tanah di Desa Tuksono, Kabupaten Kulonprogo, Daerah Istimewa Yogyakarta dan pembangunan fasilitas penetasan baru. Tanah ini juga milik saudara kandung Singgih Januratmoko yakni Jatmiko Febianto Putro.

 

Lalu, sebesar Rp11.537.100.750 dana hasil IPO untuk pelunasan seluruh utang usaha kepada PT Janu Putra Abadi (JPA) selaku Entitas Asosiasi Perseroan dimana penyertaan Perseroan adalah sebesar 20 persen.Sedangkan Sisa dana IPO akan digunakan untuk modal kerja  seperti pembelian induk ayam.

 

PT Janu Putra Sejahtera Tbk. (AYAM)  perusahaan yang memiliki kegiatan usaha utama dan bergerak di bidang Peternakan Ayam dan Rumah Potong Ayam sejak berdiri hingga saat ini. Produk dan jasa yang dijual oleh Perseroan adalah DOC Parent Stock, DOC Ayam Broiler, Ayam Hidup, Karkas Ayam, Telur Komersil, dan Jasa Rumah Potong Ayam. 

 

Untuk saat ini, Perseroan memiliki 2 lokasi kandang breeding Parent Stock yang berlokasi di Ngawis dan Purbalingga. Sedangkan, peternakan Ayam Broiler berlokasi di Klerong dan Sleman.