EmitenNews.com - PT PGN Tbk (PGAS) selaku Subholding Gas PT Pertamina (Persero), mencatat wilayah Jawa bagian barat menyerap gas bumi sebesar 500-550 billion british thermal unit per day (BBTUD).

 

Manajemen PGN dalam keterangan resmi Selasa (11/7),mengungkapkan pasokan gas ke sektor industri, komersial, dan rumah tangga menjadi andil perusahaan dalam memenuhi kebutuhan energi penggerak ekonomi.

 

"Utilisasi gas bumi ini turut berkontribusi positif dalam menggerakkan perekonomian yang berdampak pada terciptanya efisiensi produksi di sektor industri dan komersial maupun penghematan belanja rumah tangga," ujarnya.

 

Wilayah operasi Jawa bagian barat, yang mencakup Jakarta, Jawa Barat, dan Banten tercatat menyalurkan gas ke 1.441 pelanggan sektor komersial dan industri dengan serapan 324,23 BBTUD dan 9 pelanggan korporat sektor ketenagalistrikan sebesar 201,25 BBTUD, serta, disalurkan ke sektor rumah tangga sejumlah 228.036 sambungan rumah (SR) dan 786 pelanggan kecil atau UMKM.

 

"Keandalan penyaluran gas ke pelanggan ini didukung infrastruktur PGN, yang terintegrasi, termasuk pipa gas, FSRU, serta agregasi multipasokan baik gas pipa maupun gas LNG," jelasnya.