EmitenNews.com -Emiten Jasa Testing, Inspection, Certification PT Carsurin Tbk (CRSN) pada 20 Oktober 2023, telah melakukan pembelian aset yang sifatnya penting bagi pengembangan bisnisnya.

 

Merujuk keterangan resmi CRSN yang di kutip, Rabu (25/10/2023). Franciska Nilawati Corporate Secretary Carsurin mengatakan, perseroan telah membeli 1 unit bangunan Ruko dengan sertifikat SHGB atas nama perseorangan, di daerah Kebon Jeruk Jakarta. Dan 3 unit bangunan Ruko dengan sertifikat SHGB atas nama Perusahaan, di daerah Kebon Jeruk Jakarta.

 

Total nilai transaksi adalah sebesar Rp.17,20 miliar. Dimana berdasarkan laporan keuangan tahunan tahun buku 2022 yang telah diaudit, total nilai transaksi tersebut diatas memiliki nilai dibawah 20% dari total nilai ekuitas Perseroan.

 

Pihak-pihak yang bertransaksi Thomas Farial dan PT Indospirit Natura sebagai Penjual dan PT Carsurin Tbk  sebagai Pembeli. Perusahaan tidak mempunyai hubungan afiliasi dan/atau benturan kepentingan dengan pihak penjual.

 

Sumber Pendanaan untuk pembelian Sumber pendanaan atas rencana Transaksi Pembelian Bangunan sebesar Rp.3,20 miliar akan menggunakan kas Perseroan dan Rp14 miliar akan menggunakan fasilitas pinjaman yang diperoleh Perseroan secara langsung dari Bank BCA yang terdaftar dan diawasi oleh OJK.

 

Bahwa berdasarkan laporan keuangan tahunan Perseroan tahun buku 2022 yang telah diaudit, pembelian bangunan tersebut diatas memiliki nilai transaksi dibawah 20% (dua puluh persen) dari total nilai ekuitas Perseroan, sehingga berdasarkan POJK 17/POJK.04/2020 pasal 11, transaksi tersebut dapat dilakukan tanpa penilai.

 

Berdampak positif terhadap kegiatan operasional Perseroan, guna melakukan kegiatan utama serta menunjang pengembangan aktivitas bisnis perseroan. 

 

Transaksi Pembelian Bangunan yang akan difungsikan sebagai kantor Perseroan akan menimbulkan dampak penurunan terhadap kas Perseroan dan bertambahnya aset yang dimiliki Perseroan. Kelangsungan Usaha Kelangsungan usaha tetap terjaga dan terjamin dengan baik.