EmitenNews.com - Ahmad Munasir Rafie Pratama tidak hilang. Polri mengungkapkan, dosen UII (Universitas Islam Indonesia) itu, mengubah rute ke AS (Amerika Serikat) dan tanpa memberitahu siapa pun. Berdasarkan informasi dari Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia (Kemlu RI), Ahmad Munasir Rafie terdeteksi masuk Amerika Serikat melalui Bandara Boston pada 13 Februari 2023. Itu berarti sehari setelah pengajar teknik informatika itu dijadwalkan ke Tanah Air.

 

"Sudah terdeteksi. Yang bersangkutan tidak hilang tetapi mengubah rute tanpa memberitahu siapa pun," kata Kadiv Hubinter Polri Irjen Krishna Murti saat dikonfirmasi wartawan, Senin (20/2/2023).

 

Sebelumnya, upaya pencarian terhadap Ahmad Munasir Rafie Pratama, dosen UII yang hilang kontak mulai menemukan titik terang. Rektor UII Fathul Wahid dalam keterangan resminya menyatakan temuan ini didasarkan pada data dari United States Customs and Border Protection (US CBP). Namun demikian, lokasi keberadaan Ahmad Munasir Rafie di Boston tidak diketahui secara pasti.

 

"UII dan keluarga menyampaikan terima kasih dan apresiasi yang tinggi kepada Kemlu RI dan semua jajaran di KBRI Oslo, KBRI Ankara, KJRI Istanbul, KJRI New York, KBRI Riyadh, PP Muhammadiyah, dan pihak lain yang tidak dapat kami sebut satu per satu, atas bantuan yang diberikan dalam upaya pelacakan AMRP," kata Fathul Wahid.

 

Dosen Universitas Islam Indonesia Yogyakarta Ahmad Munasir Rafie Pratama dilaporkan hilang kontak setelah mengunjungi University of South-Eastern Norway (USN) di Norwegia. 

 

UII belum mengetahui misi atau alasan mengapa Rafie menuju Boston sekembalinya dari Oslo melalui Istanbul, dan tidak langsung ke Indonesia. Sampai saat ini, dosen UII itu belum bisa dihubungi.

 

UII dan keluarga berharap bisa segera menghubungi untuk mengabarkan lokasi dan keadaannya. UII juga berharap setelah misi di Boston selesai, Rafie dapat kembali ke Indonesia dalam keadaan sehat dan baik.

 

Jika dibutuhkan bantuan pendampingan atau penjemputan, UII akan berkoordinasi dengan Kemlu RI dan/atau KJRI New York.

 

Sebelumnya, Tim Pusat Krisis UII terus berupaya mencari dosen UII Ahmad Munasir Rafie Pratama (AMRP). Penggalian jejak digital memastikan bahwa Ahmad Munasir sudah meninggalkan Oslo, Norwegia dan telah berada di Istanbul, Turki.