EmitenNews.com - Potensi produk halal di Sulawesi Utara sangat besar. Karena itu, Wakil Presiden KH Ma'ruf Amin meminta agar pengembangan hilirisasi produk halal di Negeri Kawanua itu, digalakkan.

"Potensi produk halal di Sulut sangat besar, sehingga hilirisasi perlu dikembangkan terus," kata Wapres Ma'ruf Amin, di Manado, Kamis (4/4/2024).

Wapres meminta kembangkan ekosistem rantai nilai halal, khususnya sektor prioritas pembangunan daerah. "Kembangkan hilirisasi semua produk industri potensial Sulut."

Menurut Wapres, Sulut selain memiliki industri pengolahan ikan dan kelautan yang besar, juga industri pengolahan kelapa, pala, cengkih dan cokelat. Bagusnya, karena potensi ekspor ke Asia Timur dan Pantai Barat Amerika, besar.

Dengan begitu, dukungan hilirisasi dengan optimalisasi pemanfaatan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Bitung sangat penting.

Menurut Wapres, juga perlu memperluas program demplot pertanian, dan kembangkan hilirisasi pertanian di lokasi pesantren.

Lainnya, Sulawesi Utara perlu memperluas pembiayaan kepada pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) dan bisnis di pesantren daerah ini.

"Sektor jasa keuangan syariah, sebagai penyanggah pengembangan sektor ekonomi keuangan syariah," kata Wapres Ma’ruf Amin. ***