EmitenNews.com - Pemerintah mempercepat capaian vaksinasi virus corona (Covid-19) secara nasional, sehingga akhir tahun 2021 bisa 70 persen penduduk telah divaksin. Untuk itu, Presiden Joko Widodo meninjau vaksinasi door to door di Kota Tarakan, Kalimantan Utara. Pemberian vaksinasi tersebut dikoordinasikan oleh BIN untuk memudahkan masyarakat mendapatkan vaksin secepat-cepatnya.

 

"Jadi petugas vaksin, vaksinator datang dari rumah ke rumah untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat. Ini untuk memudahkan masyarakat agar mendapat vaksin secepat-cepatnya," kata Preside Jokowi usai meninjau vaksinasi seperti dikutip dalam siaran youtube Sekretariat Presiden, Selasa(19/10/2021).

 

Menurut Presiden Jokowi apa yang dilakukan itu, untuk mempercepat capaian vaksinasi secara nasional. Diharapkan akhir tahun sebanyak 70 persen penduduk telah menerima vaksin Covid-19. "Ini untuk mempercepat capaian vaksinasi secara nasional karena kita berharap di akhir tahun nanti lebih dari 70 persen penduduk kita telah divaksinasi."

 

Jokowi menjelaskan saat ini Kota Tarakan yang mengikuti vaksinasi sebanyak 70.000. Kemudian 30.000 masyarakat dilakukan dengan door to door. Tidak hanya itu 40 ribu pelajar SMP, SMA, SMK dan para santri ini dilakukan Kalimantan Utara, Kalimantan Tengah, Jambi,Sumatera Selatan, Bangkabelitung, Lampung, Jawa Barat, Jawa Tengah, NTB, Sulawesi Tengah dan Gorontalo.

 

"kita harapkan dengan vaksinasi ini perlindungan bisa diberikan secara maksimal kepada masyarakat sehingga terproteksi dari penyebaran Covid-19," kata Presiden Joko Widodo.

 

Sebelumnya dalam jumpa pers, Senin (18/10/2021), Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin menyebutkan, pemerintah menargetkan setidaknya 80,5 persen atau sekitar 168 juta orang dari sasaran target vaksinasi virus corona (Covid-19) menerima suntikan dosis pertama vaksin di akhir 2021. Pemberian dosis kedua ditargetkan rampung menyasar 59 persen atau sekitar 122 juta warga. Adapun total sasaran vaksinasi Covid-19 di Indonesia yakni 208.265.720 orang. ***