EmitenNews.com - Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) membagikan kesuksesannya sebagai pengusaha. Modalnya, semangat kerja. Di Kota Bitung, Sulawesi Utara (Sulut), Jumat (23/2/2024), Presiden memotivasi nasabah Membina Ekonomi Keluarga Sejahtera (Mekaar) Permodalan Nasional Madani (PNM) agar terus meningkatkan usahanya.

 

"Semangat kerja menjadi satu dari dua kunci sukses dalam menjalankan usaha. Kunci sukses lainnya adalah disiplin, satu hal ini sangat penting," kata Jokowi dalam Silaturahim Presiden RI dengan peserta Mekaar PNM.

 

Presiden Jokowi pun menceritakan kisah awal dirinya membangun usaha. "Saya ingat waktu awal saya membangun usaha tahun 1988. Saya kerja mulai dari subuh hingga tengah malam. Apa yang terjadi ? Hasilnya kelihatan, berbeda dengan yang kerjanya biasa-biasa saja."

 

Tahun kedua, Jokowi mengaku, produksinya sudah bisa masuk pasar di Jakarta. "Tahun ketiga, barang saya sudah bisa diekspor ke seluruh dunia."

 

Presiden Jokowi melakukan silaturahmi dengan nasabah dan pendamping program Membina Ekonomi Keluarga Sejahtera (Mekaar) binaan Permodalan Nasional Madani (PNM), di GOR Kota Bitung, Sulawesi Utara, pada Jumat 23 Februari 2024. 

 

Presiden menyebutkan penyaluran dana Permodalan Nasional Madani (PNM) Program Membina Ekonomi Keluarga Sejahtera (Mekaar) di Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) mencapai Rp2,1 triliun.

 

"Di Sulawesi Utara terdapat 125 ribu nasabah PNM Mekaar dan total dana hingga Rp2,1 triliun yang beredar di semua nasabah," kata Jokowi.

 

PNM Mekaar yang dimulai pada tahun 2015, saat itu anggotanya berjumlah 400.000 nasabah, dan sekarang sudah mencapai 15,2 juta nasabah.

 

Uang yang beredar pada tahun 2015-2016, kata Jokowi, senilai Rp800 miliar, dan sekarang sudah mencapai Rp244 triliun.