EmitenNews.com - Biak Numfor, Papua, bisa menjadi hub untuk ekspor produk perikanan dari daerah itu langsung keluar negeri melalui jalur udara. Tiga negara, Amerika Serikat, China, dan Jepang meminati produk perikanan Papua. Dengan begitu, sebagai penghubung bandara ekspor, hasil laut dari wilayah itu bisa langsung dikirim ke negara tujuan ekspor, tanpa perantara lagi.

 

"Permintaan Biak menjadi hub atau penghubung bandara ekspor hasil perikanan langsung ke China, Amerika dan Jepang sudah disampaikan oleh Bupati Biak Herry Ario Naap," ujar Presiden Joko Widodo dalam keterangan seusai meresmikan Kampung Nelayan Modern Samber Binyeri di Distrik Yendidori Kabupaten Biak Numfor, Kamis (23/11/2023).

 

Presiden Jokowi mengatakan pasar ekspor ikan tuna Indonesia terbesar, adalah ketiga negara yaitu Amerika, China dan Jepang.

 

Dengan adanya permintaan dari ketiga negara itu, sebaiknya hasil ekspor ikan tuna langsung dikirim kepada pihak penerima tidak lagi melalui tangan kedua atau ketiga.

 

"Diharapkan ketika Biak jadi ekspor maka perlu dibuka penerbangan langsung untuk menunjang ekspor hasil perikanan ke negara tujuan," ujar Presiden Jokowi didampingi Menteri Kelautan dan Perikanan Wahyu Sakti Trenggono dan Bupati Biak Numfor Herry Ario Naap.

 

Dalam peresmian Kampung Nelayan Samber Binyeri itu, Presiden mengingatkan pengelolaan kampung nelayan modern perlu disiapkan dengan baik karena menjadi sumber pendapatan operasional bagi organisasi pengelola nelayan setempat. ***