EmitenNews.com - MNC Land (KPIG) mengoleksi dana taktis senilai Rp886,88 miliar. Itu dari penuntasan private placement maksimal 8.868.829.933 helai alias 8,86 miliar lembar. Pengeluaran saham baru tersebut dibanderol dengan harga pelaksanaan Rp100. 


Penerbitan saham baru itu setara 10 persen seluruh saham ditempatkan dan disetor penuh dengan balutan nilai nominal Rp100. Seluruh saham baru emiten asuhan Hary Tanoesoedibjo tersebut, dieksekusi oleh Tempus Eternity Ltd, dan Oxley Capital Investment Ltd. Transaksi telah dituntaskan pada 28 November 2023.   


Nantinya, dana hasil private placement untuk penguatan struktur  permodalan, dan keuangan, termasuk di antaranya untuk membiayai proyek-proyek perseroan. Saat ini, perseroan tengah fokus mengembangkan, dan pembangunan proyek Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) MNC Lido City. Pembangunan berupa pengembangan, pembangunan infrastruktur lanjutan, dan kegiatan lain sesuai kebutuhan.


Pengerjaan proyek prestisius itu, akan memakan waktu sekitar 20 tahun. Dengan beragam pekerjaan didalamnya, KEK Lido ditaksir menyedot modal kerja Rp30-35 triliun. Belanja investasi sebanyak itu, dari penjualan properti, investor, dan institusi perbankan. Kontribusi pendapatan KEK Lido akan menjadi sumber pendapatan mayoritas dengan kombinasi pendapatan berkelanjutan (recurring income) dan pendapatan penjualan (development income) signifikan.


Sejak penetapan peraturan pemerintah atas KEK Lido pada 2021, perseroan telah menuntaskan beberapa proyek. Misalnya, Lido Adventure Park, Lido Music and Arts Center, dan Movieland tahap 1. Selain itu, proyek Lapangan Golf 18-hole berstandar world championship beserta club house juga ditargetkan selesai pada awal 2024. 


Proyek lain dengan pembangunan segera dimulai antara lain MNC Park (theme park berskala internasional pertama di Indonesia seluas 49 hektare) dan Lido World Garden (destinasi edukasi keluarga seluas 17 hektar akan menghadirkan beragam jenis flora, dan landmark peradaban manusia bersejarah, dan ikonik). 


Tidak tanggung-tanggung, untuk menyuguhkan lapangan golf kelas global, kerja sama dengan Trump Organization masih berlangsung. Di mana, perseroan menunjuk Trump Organization sebagai operator atas Lapangan Golf 18-hole berstandar world championship, dan Clubhouse. (*)