EmitenNews.com - Nusatama Berkah atau Nusatama Special Vehicle (NTBK) bakal mengembangkan pabrik electric vehicle truk. Untuk kepentingan itu, perseroan menjalin kemitraan dengan Norinco International. Kerja sama itu, telah diteken pada September 2023. 


Kolaborasi itu, menandai kemitraan strategis untuk meletakkan dasar bagi produksi truk kendaraan listrik (EV) lokal Indonesia. Kerja sama fokus memajukan segmen truk listrik pasar Indonesia, mendorong pertumbuhan ekonomi, dan menciptakan peluang bagi manufaktur lokal. 


Berdasar MoU itu, Norinco International dan Nusatama secara kolektif mengadakan kajian mendetail mengenai rencana investasi besar dalam mendorong pendirian fasilitas manufaktur truk listrik canggih di Indonesia. Pabrik truk listrik itu, akan didedikasikan untuk memproduksi truk kendaraan listrik dengan merek lokal NTBK. 


Memanfaatkan teknologi tercanggih dari BEIBEN EV Trucks, kemitraan itu untuk memperkenalkan truk EV produksi lokal dengan merek dalam negeri sesuai kebutuhan, dan preferensi unik konsumen Indonesia. BEIBEN, merek otomotif diakui secara global, terutama terkenal karena kualitas luar biasa di Tiongkok, dikembangkan kali pertama bersama Mercedes-Benz, kini BEIBEN menjadi pabrikan truk terkenal awet, andal, dan canggih.


BEIBEN termasuk 5 pemimpin pasar teratas China. Truk listrik BEIBEN dilengkapi teknologi baterai Hot Swappable mutakhir, memastikan pengoperasian efisien tanpa gangguan, dengan jangkauan 150-250 kilometer. Itu menjadikannya sangat cocok untuk sektor pertambangan, dan jalan raya. 


Kolaborasi itu, sejalan komitmen Indonesia mendorong mobilitas berkelanjutan, penerapan prinsip-prinsip Lingkungan Hidup, sosial, dan tata kelola (ESG). Hal itu menggarisbawahi visi bersama Nusatama dan Norinco International untuk merangsang pertumbuhan ekonomi lokal, dan membangun landasan kuat bagi produksi truk kendaraan listrik lokal. 


Ir. Bambang Susilo, Presiden Direktur Nusatama Berkah menyoroti potensi penciptaan lapangan kerja, peningkatan perekonomian lokal, dan menghadirkan truk EV terbaik ke pasar Indonesia. ”Kami yakin potensi pasar Indonesia. Kami berkomitmen terhadap pertumbuhan, dan tujuan keberlanjutan industri otomotif Indonesia,” tegas Ling Xing Ge, Southeast Asia Director dari Norinco International.


Acara tersebut turut dihadiri para pelanggan, dan mitra Nusatama Special Vehicle. Antara lain, Riau Andalan Pulp & Paper melalui anak usahanya, Prima Transport Servis Indonesia, dan perwakilan Sinarmas melalui BSA Logistics Indonesia, Sinarmas Mining melalui Borneo Indobara, dan Siberat Digital Logistics.


”Semoga Nusatama makin berkembang di bisnis special vehicle, telah menjadikan Nusatama ternama di Indonesia. Menakjubkan melihat Nusatama berevolusi mengikuti perkembangan teknologi dalam industri trucking. Memulai kerja sama dengan Beiben EV Truck ternama China,” ucap Hendy Rudy, CEO Siberat Digital Logistic.


Project Director dan Corporate Secretary Nusatama Special Vehicle, Felik Widyo Makuprathowo, menyampaikan profil Beibein truk, dan masa depan ekosistem truk listrik Indonesia. Tantangan terbesar perlu dihadapi Nusatama peningkatan angka TKDM agar membantu pemasaran produk truk listrik sektor pertambangan, dan Logistik Indonesia, dengan menambahkan kiprah, dan kualitas produk Beibein tidak diragukan lagi. (*)