EmitenNews.com - Progres proyek Jalan Tol Gilimanuk-Mengwi di Bali saat ini menunggu dukungan pembiayaan dari perbankan atau financial close. Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) menyebutkan sudah dilaksanakan Penandatanganan Perjanjian Pengusahaan Jalan Tol (PPJT) pada 8 Maret 2022.

 

"Progres saat ini sedang menunggu financial close," ujar Kepala BPJT Danang Parikesit dalam Rapat Dengar Pendapat (RDP) bersama Komisi V DPR RI, di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Selasa (28/3/2023).

 

Rencananya proyek Jalan Tol Gilimanuk-Mengwi terdiri atas tiga seksi. Pertama,  segmen Gilimanuk-Pekutatan. Kedua, Pekutatan-Soka, dan seksi terakhir Soka-Mengwi.

 

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan dalam pembangunan jalan tol, khususnya di Bali sebagai destinasi wisata dunia, harus memperhatikan beberapa hal.

 

Pertama, kualitas, karena sebagai wisata dunia, Bali harus menunjukkan Indonesia bisa membangun jalan tol dengan kualitas terbaik.

 

Kedua juga harus memperhatikan estetika. Tidak hanya struktur-struktur jalan, namun juga kualitas dan estetikanya, tanpa mengurangi kecepatan kerjanya. ***