EmitenNews.com - Direktorat Jenderal Perumahan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mengungkapkan pembangunan perumahan ke depan akan menerapkan konsep smart city di semua kawasan. Termasuk Ibu Kota Negara (IKN) baru di Kalimantan Timur.


"Ini adalah konsep utama yang akan kami kembangkan di sana karena membangun ibu kota baru di Kalimantan itu banyak tantangannya, termasuk suhu udara yang cukup tinggi," ujar Direktur Jendral Perumahan KemenPUPR, Iwan Suprijanto, di sela peringatan Hari Perumahan Nasional di areal The Breeze Bumi Serpong Damai (BSD) Tangerang, Minggu (28/8).


Salah satu Key Performance Indicator (KPI) yang dicanangkan, lanjutnya, melalui keterangan tertulis, adalah mampu menurunkan suhu sebanyak 2 derajat Celcius, di tengah banyaknya pembangunan infrastruktur, perkantoran dan perumahan yang dilakukan.


Terkait hal itu dalam rangka Peringatan Hari Perumahan Nasional di Kawasan BSD KemenPUPR ingin mengajak masyarakat untuk melihat praktik pengembangan kota yang memenuhi konsep smart city, green building/housing dan konsep transportasi yang terintegrasi atau Transit Oriented Development (TOD).(fj)