EmitenNews.com - Masih terjadi kasus pelanggaran Perlindungan Data Pribadi (PDP). Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) mengungkapkan telah menerima 33 laporan insiden pelanggaran Perlindungan Data Pribadi (PDP) sepanjang tahun 2022, lima di antaranya terjadi pada November ini. Hal itu antara lain menimpa PeduliLindungi, dan MyPertamina. Menkominfo Johnny G. Plate mengungkapkan hal itu dalam rapat dengar pendapat dengan Komisi I DPR RI, Rabu (23/11/2022).


Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate melaporkan sejak tahun 2019 sampai November 2022, Kominfo melakukan audit compliance terhadap 77 kasus pelanggaran PDP. Dari 77 kasus, 58 kasus telah ditangani dan 19 kasus masih dalam proses penanganan.


Ingat, pada 8 November 2022 insiden pelanggaran PDP terjadi pada platform jual-beli barang secara online, Carousell. Kemudian dihebohkan dengan data bocor MyPertamina dua hari kemudian.


Laporan insiden pelanggaran data pribadi juga terjadi pada aplikasi PeduliLindungi pada 15 November, Lazada pada 16 November, dan 'Forum' Mobile Legends pada 18 November.


"Insiden PDP di Carousell, Lazada, dan 'Forum' Mobile Legends dilaporkan oleh pihak PSE (Penyelenggara Sistem Elektronik) kepada pihak Kominfo. Atas laporan itu Kominfo sedang mendalami dalam rangka pemberian rekomendasi-rekomendasi terhadap tiga PSE tersebut," " ujar politikus Partai NasDem itu.


Satu lagi, insiden pelanggaran PDP pada MyPertamina dan PeduliLindungi, Menkominfo mengatakan itu merupakan dugaan kebocoran data pribadi peretasan oleh Bjorka.


Atas dugaan kebocoran data MyPertamina, Kominfo melakukan penelusuran dan pengujian atas sampel yang beredar di forum jual-beli data. Kominfo meminta klarifikasi secara resmi kepada Pertamina Patra Niaga. Sampai saat ini masih ada pembicaraan dan belum ada tanggapan resmi tersurat kepada Kominfo.


Terkait dugaan kebocoran data di PeduliLindungi, Kominfo juga meminta klarifikasi persoalan tersebut kepada Kementerian Kesehatan sebagai penyelenggara sistem elektronik. Laporan insiden dari Kementerian Kesehatan pada 17 November 2022. Kementerian Kesehatan sedang berkoordinasi dengan PT Telkom selaku prosesor data dan BSSN terkait uji forensik digital. Sejauh ini prosesnya sedang berjalan.


Soal laporan insiden pelanggaran PDP di Lazada, menurut Johnny itu dikarenakan akibat dari kelalaian penjual atau merchant yang mengakibatkan terjadinya akses tidak sah. Kominfo tengah mempersiapkan rekomendasi untuk persoalan Lazada tersebut.


"Forum Mobile Legends, pihak Moonton tengah investigasi internal dan meyakini sumber data file yang dibagikan dari akun seorang moderator yang bertugas melakukan diskusi-diskusi aktif dalam forum terkait dengan game Mobile Legends," kata Menkominfo.


Berdasarkan keterangan PSE, dalam hal ini Moonton bahwa kebocoran data pribadi bukan dari sistem internal mereka. Investigasi internal masih berlangsung. Kominfo dalam memberikan rekomendasi terkait pengelolaan data pribadi dan meminta Moonton mengirimkan hasil investigasinya kepada Kominfo. ***