EmitenNews.com - Mal Sarinah telah kembali. Pada Senin (21/3/2022), PT Sarinah (Persero) kembali beroperasi dan dibuka untuk umum. Pusat perbelanjaan pertama di DKI Jakarta itu, memang ditutup untuk sementara waktu karena renovasi secara besar-besaran sejak 2020. Menelan biaya sampai Rp700 miliar, kini Mal Sarinah kembali beroperasi dengan mengutamakan produk-produk dalam negeri.


Melansir akun Instagram @sarinahindonesia, PT Sarinah mengumumkan rencana pembukaan tersebut. Dalam Sarinah Community Mall itu, ada kedai makanan favorit hingga pakaian-pakaian dari brand Tanah Air.


"Sarinah Community Mall akan selalu menciptakan rasa cinta dan dukungan terhadap produk-produk Indonesia agar bisa bersaing secara global," kata pengelola.


Sarinah juga akan menjadi creative hub terbaru dengan banyak spot yang bisa dinikmati bersama teman dan keluarga. Di antaranya, melihat sunset di Skydeck, ngobrol di Amphitheater dan masih banyak lagi.


Gedung baru Sarinah didesain oleh arsitek lokal Indonesia, yakni PT Airmas Asri, dengan konsep smart and green building. Gedung bakal dilengkapi co-working space dan area untuk mengeksplorasi permainan tradisional Indonesia yang dikemas dengan konsep digital. Dengan total biaya renovasi sekitar Rp700 miliar, mal ini dilengkapi atrium sebagai tempat penyelenggaraan berbagai macam pameran, seperti pergelaran busana (fashion-show).


Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir menyatakan renovasi bangunan yang beroperasi sejak tahun 1966 itu sekaligus untuk transformasi bisnis Sarinah kembali ke khitahnya.


Gedung Sarinah dianggap sudah melenceng dari tujuan awal sebagai wadah pelaku industri kreatif dari usaha kecil menengah (UKM) di Indonesia. Penghuni Sarinah kebanyakan gerai modern, yang tidak memiliki ciri khas Indonesia.


Direktur Utama PT Sarinah (Persero) Fetty Kwartati menjelaskan transformasi yang tengah dilakukan perseroan akan menjadikan mal tersebut unik dan tidak secara khusus untuk menyaingi mal-mal di sekitarnya, seperti Grand Indonesia maupun Plaza Indonesia. Konsep mal Sarinah akan mengangkat community mall dan diharapkan menjadi ikon Jakarta atau destinasi yang wajib dikunjungi.


"Konsep yang diangkat Sarinah adalah community mall, tidak head to head dengan Grand Indonesia , atau Plaza Indonesia atau mal lainnya, tapi menjadi mal unik karena mengandalkan komunitas neighbourhood' dan public engagement'" kata Fetty Kwartati seperti dilansir dari Antara, Rabu (19/8/2020). ***