EmitenNews.com - Presiden Joko Widodo meresmikan Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu), Selasa (11/7/2023). Jokowi singgung proses pengerjaan tol senilai Rp18,3 triliun itu, molor, bahkan sampai memakan waktu 12 tahun lamanya. Pembebasan lahan menjadi kendala sampai proyek yang dimulai 2011 itu, baru tahun ini terselesaikan. Keberadaan tol Cisumdawu yang melewati terowongn kembar sepanjang 472 meter itu, mendukung operasionalisasi Bandara Kertajati.

 

"Pada hari ini jalan tol Cisumdawu sudah selesai dan segera siap untuk dioperasikan. Dengan mengucap bismillahirrahmanirrahim, pada pagi hari ini saya resmikan jalan Tol Cisumdawu," kata Presiden Jokowi seperti dikutip dari YouTube Sekretariat Presiden.


Dalam peresmian itu Presiden didampingi oleh Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Harjomuljono, Menteri Sekretaris Kabinet Pramono Anung Wibowo, dan Menteri BUMN Erick Thohir, dan pejabat lainnya. 

 

Presiden sempat membanggakan Tol Cisumdawu yang punya terowongan kembar sepanjang 472 meter. Mantan Gubernur DKI Jakarta itu, menegaskan tidak ada jalan tol lain di Indonesia yang melewati terowongan kembar seperti di Cisumdawu.

 

"Pembangunan Tol Cisumdawu sepanjang 61,6 km ini menghabiskan anggaran Rp18,3 triliun. Dari pemerintah Rp9,07 triliun, sisanya dari kerja sama pemerintah dan badan usaha (KPBU) swasta," urai Presiden Jokowi.

 

Rencana awal kehadiran Cisumdawu sebagai penghubung ke Bandara Internasional Kertajati di Majalengka, Jawa Barat. Karena itu, pengerjaannya diharapkan rampung bersamaan dengan operasional lapangan udara Bandar Udara Kertajati tersebut.

 

Tetapi, seperti sudah dijelaskan, masalah pembebasan lahan yang mendera membuat pembangunan Tol Cisumdawu memakan waktu lama. Hal ini berdampak kepada aktivitas Bandara Kertajati yang sepi.

 

Jokowi mengemukakan Bandara Kertajati yang didukung tol Cisumdawu adalah airport masa depan kita. Saat ini, kata dia, sudah mulai banyak keinginan negara-negara luar untuk masuk equity-nya, berpartner di Bandara Kertajati, baik mengoperasikan maupun meningkatkan traffic lalu lintas penerbangan yang ada.

 

"Setelah jalan tol ini selesai, jalan tol Cisumdawu selesai, diharapkan Bandara Kertajati Oktober 2023 nanti sudah operasional penuh. Sekarang sudah dimulai dengan penerbangan embarkasi haji untuk Jawa Barat dan beberapa penerbangan yang sudah masuk," kata Presiden Joko Widodo. ***