EmitenNews.com - Indonesia-Timor Leste berkolaborasi dalam pengembangn koperasi dan UMKM. Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah itu menjalin kerja sama bilateral dengan Negara bekas bagian provinsi Indonesia itu, guna memperkuat usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM), serta koperasi. Tujuannya agar lebih memberikan manfaat bagi perekonomian kedua negara.

 

Kerja sama tersebut dikukuhkan dalam penandatanganan nota kesepahaman (MoU) antara kedua negara yang digelar di Jakarta, Selasa (20/2/2024).

 

"Kami ingin kedua negara disatukan pengalaman dalam pengembangan ekonomi rakyat, UMKM, dan koperasi. Saat ini, dalam ekonomi global, pertumbuhan ekonomi itu tak lagi di satu negara, tapi kawasan," kata Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Teten Masduki, Selasa (20/2/2024).

 

Lingkup dari kerja samanya, antara lain komitmen untuk mengembangkan capacity building, kemitraan antarkoperasi, feasibility study terkait pengembangan potensi bisnis koperasi dan UKM. Lainnya, pelatihan dan exchange visit, serta penguatan program UKM dan koperasi melalui kerjasama regional.

 

Kerja sama tersebut diyakini akan membuka kesempatan luas bagi koperasi dan UMKM di kedua negara untuk saling belajar, bertukar informasi, serta berkembang.

 

Ke depan, Pemerintah Indonesia dan Pemerintah Timor Leste secara bersama-sama dapat mengevaluasi sektor tertentu yang dapat dikembangkan oleh koperasi dan UMKM, sehingga bisa memperkuat kerja sama yang dijalin.

 

Dengan semangat itu, Menkop Teten Masduki berharap MoU tersebut dapat terlaksana dengan baik, dan seluruh pihak dapat memanfaatkan kesempatan ini dengan baik pula. Pada gilirannya, bila berhasil dapat dilanjutkan untuk periode MoU selanjutnya. ***