EmitenNews.com -PT Medikaloka Hermina Tbk. (HEAL) optimis dapat mencatat kinerja yang cemerlang pada tahun 2024. Hal itu akan seiring dengan ekspansi bisnis yang sudah dan akan dilakukan oleh Hermina.


Untuk tahun ini saja, Hermina berencana menambah Rumah Sakit (RS) baru total sekitar 5 RS yang akan diresmikan pada 2024. Dengan demikian, hingga akhir tahun ini, Hermina akan memiliki sebanyak 52 RS. Selain itu, Perseroan juga akan menambah kapasitas kamar tempat tidur dari RS eksisting Hermina dari 4.000 kasur menjadi 7.000 kasur.


"Dengan ekspansi yang akan kami lakukan, Hermina berharap pendapatan akan dobel digit atau sekitar 16,8% pada 2024."Direktur Keuangan Medikaloka Hermina (HEAL) Yulisar Khiat.


Sebagai informasi saja, Hermina telah mencanangkan belanja modal atau capital expenditure (capex) sebesar Rp2 triliun pada tahun 2024. Semnetara, lima rumah sakit Hermina yang akan segera beroperasi pada tahun ini yakni berlokasi di Pasuruan, Madiun, Pantai Indah Kapuk (PIK) 2 Jakarta Utara, Rumbai Pekanbaru, dan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.


Emiten Rumah Sakit terafiliasi grup Astra ini juga menargetkan rumah sakit di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara mulai beroperasi pada Agustus 2024 mendatang. Rumah sakit tersebut akan beroperasi secara bertahap dan fokus pada pelayanan kesehatan ibu dan anak (KIA).


“Kami targetkan beroperasi Agustus. Pada saat Presiden melakukan upacara kemerdekaan rumah sakit sudah berdiri dan sudah bisa menerima pasien,” kata Direktur Keuangan dan Pengembangan Strategis HEAL, Yulisar Khiat usai Rapat Umum Pemegang Saham di Jakarta, Kamis (29/2/2024).


Perseroan menggelontorkan dana sebesar Rp650 miliar untuk pembangunan rumah sakit di IKN Nusantara. Dana tersebut merupakan bagian dari anggaran belanja modal atau capital expenditure (capex) HEAL sebesar Rp2 triliun pada tahun ini.


“Rumah sakit di IKN ini sesuai dengan ketentuan, harus memiliki persyaratan internasional,” tutur Yulisar.


Tahun ini, HEAL juga akan membangun lima rumah sakit baru yang berlokasi di Pasuruan, Jawa Timur, IKN, Kalimantan Timur, dan Pantai Indah Kapuk (PIK) 2. Untuk RS Hermina di di PIK 2 akan beroperasi pada kuartal IV, mengikuti jadwal pembukaan entrance tol PIK 2.(*)