EmitenNews.com - Sabarlah sampai pertengahan tahun depan. Rangkaian Kereta Cepat Jakarta-Bandung akan tiba di Indonesia pada September 2022. Setelah itu,  kereta cepat akan terus diuji dan ditargetkan operasi pada Juni 2023.


"Kereta cepat kita sampaikan insya Allah bulan September tiba, kita akan kedatangan kereta cepatnya dan kita akan terus uji coba. Insya Allah di tahun depan, bulan Juni sudah mulai bisa operasi," kata Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir usai rapat terbatas, Rabu (24/8/2022).


Rapat yang diikuti Menteri BUMN tersebut membahas MRT, LRT dan Kereta Cepat Jakarta-Bandung. Erick Thohir mengatakan, pembangunan moda transportasi bagian untuk membangun sebuah ekosistem.


"Kita tahu bagaimana LRT ini sekarang, ditambah kereta api yang sudah dibangun oleh KAI ditambah MRT. Kemarin juga Bapak Presiden menyampaikan Jepang commit membantu dalam arti pendanaan dan pembangunan MRT secara berkelanjutan. Hasil pertemuan Bapak Presiden dengan PM Jepang, ini menjadi sebuah ekosistem menjadi satu kesatuan," jelasnya.


Menurut Menteri Erick Thohir, pembangunan Kereta Cepat Jakarta-Bandung akan mendorong pertumbuhan ekonomi baru. Apalagi, pemerintah juga mendorong pengembangan Pelabuhan Patimban dan Bandara Kertajati. Selain itu, pemerintah juga mendorong pengembangan kawasan industri Subang.


Dalam rapat seminggu yang lalu para menteri sudah berkoordinasi memutuskan Bandara Kertajati itu akan menjadi salah satu pusat airport untuk kargo yang selama ini tidak pernah kita lihat potensinya. Menurut Erick Thohir, ketika ada Patimban, ada Bandara Kertajati untuk kargo, lalu ada penugasan dari Presiden membangun kawasan industri Subang.


“Itu menjadi satu kawasan yang menyeluruh, merupakan konektivitas yang menjadi satu antara logistik dan manusianya," kata Menteri BUMN Erick Thohir. ***