EmitenNews.com - PT Bank OCBC NISP Tbk (OCBC) mengumumkan bahwa proses akuisisi PT Bank Commonwealth (PTBC) telah selesai, sehingga 100% saham PTBC kini sepenuhnya dimiliki oleh OCBC per 1 Mei 2024.

Sebagai bagian dari OCBC, kegiatan operasional PTBC akan tetap berjalan secara mandiri hingga proses merger yang direncanakan selesai paling lambat pada Triwulan IV tahun 2024.

Selama periode ini, layanan kepada nasabah PTBC akan berjalan seperti biasa, termasuk transaksi perbankan di kantor cabang dan melalui kanal digital PTBC.

"Sebagai salah satu bank dengan kredit rating tertinggi di Indonesia dan rekam jejak yang kuat, PTBC memiliki basis nasabah yang menarik dan komplementer dalam segmen konsumen dan UKM (ritel). Rencana kami adalah memanfaatkan kapabilitas kedua entitas untuk memperluas produk dan layanan OCBC di Indonesia, serta menciptakan peluang pertumbuhan dalam sektor jasa keuangan di Indonesia." kata Presiden Direktur OCBC, Parwati Surjaudaja, dikutip Jumat (10/5/2024).

Lauren Sulistiawati, Presiden Direktur PTBC, menambahkan bahwa dengan selesainya proses akuisisi, PTBC akan terus beroperasi sebagai entitas yang berdiri sendiri hingga proses merger rampung. 

“Kami berkomitmen untuk memastikan proses merger berlangsung lancar tanpa mengorbankan kualitas layanan perbankan kepada nasabah. Operasional bisnis akan tetap berjalan seperti biasa,” ujarnya.

Pembelian 100% saham PTBC oleh OCBC adalah tonggak sejarah penting yang memperkuat platform OCBC di Indonesia, sekaligus menegaskan komitmen Bank untuk terus mendukung pertumbuhan jasa keuangan di Indonesia.