EmitenNews.com - IHSG diperkirakan kembali bergerak sideway dalam rentang support-resistance 6400-6500 pada perdagangan Selasa (12/10). Saham-saham komoditas, baik energi dan basic material diperkirakan kembali menjadi penopang IHSG.


Analis Phintraco Sekuritas Valdy Kurniawan menyebut katalis positif utama untuk sektor ini adalah berlanjutnya penguatan harga minyak yang diikuti berlanjutnya rebound harga komoditas lain, terutama natural gas dan batubara.


"Karena itu saham ADRO, ITMG, HRUM, UNTR dan INDY dapat diperhatikan pada perdagangan hari ini," katanya.


Dari dalam negeri, Indeks Penjualan Riil (IPR) meningkat sebesar 2.1% mom ke 192.5 di Agustus 2021. Meski demikian, dibandingkan realisasi yang sama tahun sebelumnya (yoy), penjualan rill masih mengalami kontraksi sebesar 2.1% yoy, lebih baik dibandingkan kontraksi sebesar 2.9% yoy di Juli 2021.

"Data ini meningkatkan optimisme perbaikan penjualan riil di September 2021, sejalan dengan kebijakan pelonggaran restriksi aktivitas masyarakat oleh Pemerintah," kata Valdy.


Oleh sebab itu, saham-saham consumer goods dan retailers, seperti AALI, LSIP, MAPI, SIDO dan MTDL menurutnya juga dapat diperhatikan di perdagangan Selasa ini.(fj)