EmitenNews.com - PT MNC Studios International (MSIN) menempatkan investasi strategis pada TREBEL Music (TREBEL). Operasional TREBEL dipatok pada kuartal pertama 2022. TREBEL akan diintegrasikan dalam RCTI+ (AVOD super app), dan Vision+ (SVOD super app) sebagai kategori konten baru pada masing-masing platform.


Itu dilakukan MNC Studios untuk menemukan, dan mengembangkan kategori konten baru di bawah super apps milik MNC Media. Diharap memperkuat posisi sebagai super app paling terintegrasi, terlengkap, dan menghibur dengan agregat MAU sebesar 110 juta. 


Setelah MNC Studios menuntaskan proses integrasi, pengguna RCTI+ dan Vision+ dapat menonton video dengan kualitas konten terbaik secara gratis dan/atau berlangganan, membaca artikel, mendengarkan podcast, streaming radio, audio series dan audio books, berpartisipasi dalam kompetisi pencarian bakat (UGC), bermain game, dan mendengarkan semua jenis musik, baik lokal maupun internasional.


TREBEL mengusung model bisnis download to listen berbasis iklan. Itu akan makin memaksimalkan kemampuan grup menyediakan solusi baru bagi pengiklan untuk kampanye pemasaran. Empat TV FTA milik MNC Media efektif menguasai hampir 50 persen belanja iklan TV FTA Indonesia. Itu makin memaksimalkan inventory iklan, dan meningkatkan keunikan MNC Group.


MNC Studios, dan TREBEL berencana membuat top music chart secara berkala untuk memajukan industri musik lokal, dengan memberikan daftar lagu-lagu terbaik bagi pencinta musik seluruh Indonesia, sebagai referensi untuk pencarian musik terbaik. Pada akhirnya akan bertindak sebagai katalis untuk lebih mempromosikan, dan memberi keuntungan bagi penyanyi musik lokal. 


”Kami senang bermitra dengan TREBEL. Kami dapat menghadirkan fitur baru, dan keunikan TREBEL dalam menyediakan jutaan lagu terbaik dunia kepada masyarakat Indonesia secara gratis akan meningkatkan traffic pada platform. Kami berharap dapat bekerja sama untuk mendorong inovasi industri musik Indonesia, dan mempercepat fase pertumbuhan digital media entertainment kami,” tutur Valencia Tanoesoedibjo, Direktur MNC Studios International, Senin (31/1). 


MNC Studios akan bertindak sebagai operator, dan mengendalikan aset digital MNC Media. Saat ini, tengah dalam proses akuisisi dari Media Citra Nusantara (MNCN), dan MNC Vision Networks (IPTV) untuk platform digital, yaitu RCTI+, Vision+, okezone.com (portal umum dan berita), sindonews.com, iNews.id, idxchannel.com, celebrities.id, sportstars.id, dan BuddyKu.


MNC Studios akan menghelat Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) pada 7 Februari 2022 dengan agenda menyetujui akuisisi sejumlah platform, dan mengubah nama untuk mencerminkan struktur baru sebagai grup digital entertainment. Setelah proses konsolidasi selesai, MNC Studios akan menjadi grup digital entertainment terbesar, dan terintegrasi. Terdiri dari rumah produksi terbesar dengan kinerja konten terbaik, talent manajemen terbesar, media sosial dengan traffic terbesar, AVOD & SVOD super app, portal online, dan operasi game/e-sports. (*)