EmitenNews.com - Pemain Debus melakukan atraksi dalam kegiatan Sambung Rasa Banten 2022, di Halaman Belakang Museum Perumusan Naskah Proklamasi,Jl Imam Bonjol, Jakarta Pusat, Sabtu (1/10/2022). Selain diramaikan dengan atraksi kesenian, juga dilengkapi aneka ragam kuliner Banten.


Debus merupakan kesenian tradisional di Provinsi Banten yang menampilkan atraksi kekebalan tubuh manusia dari berbagai macam hantaman benda tajam. Pada jaman dahulu, kesenian Debus berfungsi sebagai sarana untuk menyebarkan agama Islam. Kesenian Debus perlahan kemudian berkembang sebagai media untuk memompa semangat rakyat Banten dalam menghadapi penjajahan Belanda pada masa pemerintahan Sultan Ageng Tirtayasa.


Kegiatan Bantenan yang diselenggarakan oleh Keluarga besar TB Oeteng Martasoedarma bertepatan dengan Hari Kesaktian Pancasila 2022 itu, mengambil tema Cinta keluarga cinta Banten, Cinta Pancasila Cinta NKRI.


Selain menggelar aneka tari asal Banten, juga diramaikan beragam kuliner Banten, yang dipastikan menarik perhatian pengunjung. ***