EmitenNews.com - PT Samudera Indonesia Tbk (SMDR) menyampaikan bahwa tealah terjadi transaksi jual beli aset berupa kapal antara PT Cumawis, Perusahaan Terkendali dari Perseroan dan PT Samudera Energi Tangguh (SET) Pihak terafiliasi dari Perseroan. Adapun nilai dari transaksi jual beli kapal tersebut yakni sebesar Rp3,5 miliar.

 

Direktur Kepatuhan dan Sekretaris Perusahaan SMDR, Farida Helianti Sastrosatomo dalam keterangannya Jumat (24/3) menyebutkan, Cumawis telah membeli 1 unit kapal Tug Boat "BS ALLIANCE" milik SET. Nilai transaksi pembelian aset sebesar Rp3,5 miliar tersebut merupakan harga yang ditetapkan berdasaran nilai pasar (market value) yang ditentukan sesuai dengan penilaian yang dilakukan oleh penilaian independen yang ditunjuk oleh Cumawis selaku pembeli dalam transaksi pembelian aset ini.

 

Transaksi pembelian aset oleh Cumawis ini merupakan pembelian dalam rangka penambahan aset produktif dengan harga yang kompetitif guna menunjang kegiatan usaha utama yang dilakukan oleh Cuamis.

 

"Oleh karenanya, dengan adanya transaksi pembelian aset ini, diharapkan dapat meningkatkan pendapatan kepada Cuamis dan secara tidak langsung meningkatkan pendapatan perseroan sebagai salah satu anak perusahaannya, serta diharapkan pada akhirnya dapat memberikan nilai tambah bagi pada pemegang saham,"pungkasnya.