EmitenNews.com - PT Bank Jago (ARTO) melakukan kolaborasi dengan PT Carsome Indonesia, platform e-commerce jual beli mobil bekas terkemuka nasional. Bank Jago menyalurkan kredit modal kerja kepada Carsome Indonesia. Sinergi itu, ditandai teken kerja sama pembiayaan pada 17 Mei 2022 lalu. 


Orang memakai kendaraan pribadi sebagai moda transportasi teraman kala pandemi Covid-19 meningar pesat. Di mana, mobil bekas menawarkan kelebihan sisi keterjangkauan harga, ketersediaan, dan variasi unit. ”Kami menyambut baik kerja sama strategis dengan Bank Jago sejalan memperluas cakupan bisnis, layanan Carsome seluruh Indonesia, dan menciptakan ekosistem kepemilikan mobil secara menyeluruh di ASEAN,” tutur Andrew Mawikere, CEO Carsome Indonesia. 


Melalui kerja sama itu, Carsome berharap dapat membuka lebih banyak nilai tambah dan manfaat kepada seluruh pemangku kepentingan, sekaligus memberikan layanan, dan pengalaman terbaik bagi nasabah di Indonesia. ”Kami sangat antusias menyambut kerja sama dengan Bank Jago,” ucap Andrew.


Sebagai bank berbasis teknologi, Bank Jago fokus pada kolaborasi dan sinergi dengan para pelaku ekonomi digital, seperti Carsome Indonesia. Penyaluran kredit modal kerja itu, diharap mendukung bisnis Carsome Indonesia dengan fokus transaksi jual beli mobil bekas online. ”Kolaborasi ini menunjukkan komitmen kami dalam mendorong pertumbuhan ekonomi digital Indonesia. Kami berharap kerja sama ini mempercepat perkembangan usaha Bank Jago ke depan dengan tetap menjaga risiko terkendali,” tukas Direktur Bank Jago Sonny Christian Joseph.


Kolaborasi itu, baru tahap awal karena Bank Jago tengah merencanakan berbagai kolaborasi lain dengan ekosistem digital Carsome Indonesia. Beberapa rencana disiapkan kolaborasi pembiayaan dealer mobil bekas tergabung dalam ekosistem Carsome Indonesia, dan kolaborasi pembiayaan kepada pembeli mobil bekas (end user) pada platform e-commerce Carsome Indonesia. 


Sampai Maret 2022, Bank Jago telah menjalin kolaborasi dengan lebih dari 32 institusi. Salah satu bentuk kolaborasi itu, partnership lending dengan fintech lending, multifinance, dan institusi keuangan digital lain. Partnership lending itu, mendorong kredit dan pembiayaan syariah Bank Jago tumbuh 376 persen dalam setahun hingga mencapai Rp6,14 triliun pada akhir kuartal I-2022. 


Pola partnership lending itu, memampukan Bank Jago untuk ekspansif tetapi tetap menjaga risiko terkendali. Itu tercermin pada rasio kredit bermasalah atau non-performing loan (NPL) gross terjaga pada level 1,5 persen, dan NPL nett berada di kisaran 0,4 persen pada akhir kuartal I-2022. 


Carsome Indonesia merupakan bagian Carsome Group, e-commerce terintegrasi terbesar Asia Tenggara untuk mobil bekas. Saat ini, hadir di Malaysia, Indonesia, Thailand, dan Singapura. Tersebar di lebih dari 100 Carsome Inspection, dan Experience Center pada lebih dari 70 kota. Carsome bertujuan mendigitalisasi industri mobil bekas dengan meningkatkan kenyamanan transaksi jual beli mobil bekas via platform online. (*)