EmitenNews.com - Bank Tabungan Negara (BBTN) meluncurkan BTN Prospera, sebuah layanan eksklusif dan komprehensif. Itu penting untuk mendukung nasabah segmen emerging affluent dalam mencapai aspirasi keuangan,  dan memenuhi kebutuhan gaya hidup nasabah.

Mengusung Brand Promise “Unlocking Your Potential”, inisiatif itu, bentuk komitmen BTN dalam memenuhi kebutuhan nasabah untuk membangun kekayaan secara berkelanjutan seiring peningkatan kesejahteraan masyarakat Indonesia. Layanan BTN Prospera hadir untuk nasabah segmen emerging affluent dengan dana simpanan Rp100-500 juta. 

Layanan BTN Prospera diharapkan menjadi batu loncatan bagi para nasabah menuju segmen lanjutan yakni BTN Prioritas, kategori untuk nasabah pemilik dana dengan nilai di atas Rp500 juta. “BTN Prospera hadir dengan solusi perbankan, dan keuangan tepat untuk membantu nasabah mengoptimalkan kekayaan secara jangka panjang,” tutur Direktur Distribution and Institutional Funding BTN Jasmin, dalam Press Conference Peluncuran BTN Prospera di Jakarta, Jumat (22/3).

Berdasar survei Hakuhodo Institute of Live and Living (Hill) ASEAN pada 2023, 10 persen dari populasi kawasan ASEAN merupakan segmen emerging affluent, dan 9 persen dari total populasi Indonesia masuk kategori tersebut. Survei itu, memperkirakan, masyarakat segmen emerging affluent tumbuh tiga kali lipat periode 2023-2024. Dengan potensi besar itu, BTN Prospera ditarget bisa mendorong pertumbuhan dana portofolio nasabah, dan membidik nasabah baru lebih dari 6.000 nasabah dengan total target pertumbuhan dana Rp8 triliun hingga akhir 2024. 

Saat ini, jumlah nasabah BTN memiliki dana kelolaan antara Rp100-500 juta mencapai lebih dari 44 ribu nasabah dengan nilai dana kelolaan mencapai lebih dari Rp9 triliun. “Kami optimistis target itu, bisa dicapai dengan berbagai strategi ditambah potensi nasabah masih bisa dibidik sangat besar di Indonesia,” jelas Jasmin. 

Nah, untuk mencapai target itu, perseroan akan melakukan beberapa hal. Di antaranya pelatihan terhadap 128 Prospera Banking Officer (PBO) seluruh cabang BTN. Lalu, melakukan penawaran BTN Prospera melalui ekosistem bisnis, dan optimalisasi telemarketing dalam menawarkan produk bank, dan layanan BTN Prospera. 

“Yang tidak kalah penting benefit ditawarkan BTN Prospera sangat banyak. Benefit BTN Prospera berbasis pada tiga keistimewaan untuk mengelola potensi besar dari setiap nasabah sesuai pribadi, yakni pertumbuhan kekayaan (Wealth Growth), stabilitas keuangan (Financial Stability), pemenuhan gaya hidup, dan manfaat loyalty (Lifestyle and Loyalty). Pada Wealth Growth, nasabah dapat menikmati berbagai macam solusi produk, dan transaksi perbankan dapat mengoptimalkan kekayaan. 

Soal Financial Stability, BTN berupaya memprioritaskan kebutuhan hari tua nasabah, dan mengutamakan kenyamanan keluarga. Sedang Lifestyle and Loyalty, perseroan memberikan layanan bertransaksi cepat, mudah, dan manfaat loyalty untuk memenuhi gaya hidup sesuai pribadi masing-masing nasabah. “Nama “Prospera” juga mengandung unsur kata “Sejahtera” atau “Prosperity”, bermakna BTN mendukung nasabah tidak hanya mencapai kekayaan materi, tetapi juga melibatkan keseimbangan hidup, dan kebahagiaan melalui berbagai macam tujuan finansial nasabah,” tegas Jasmin. 

Inisiatif BTN Prospera salah satu upaya strategis meningkatkan pertumbuhan dana pihak ketiga (DPK), hingga akhir 2023 telah mencapai Rp349,93 triliun. Selain itu, dengan BTN Prospera, perseroan berharap inisiatif itu turut mendorong peningkatan Fee Based Income (FBI), dan penyaluran kredit. So, BTN dapat menjadi bank penyedia solusi keuangan satu atap alias One Stop Financial Solution pilihan nasabah. 

Layanan eksklusif, dan komprehensif nasabah BTN Prospera dapat menikmati beragam produk, layanan perbankan, dan keuangan secara eksklusif, baik offline maupun digital. Sebagai contoh, nasabah akan mendapat layanan eksklusif dari 128 Prospera Banking Officer (PBO) pada 81 Kantor Cabang, dan 541 Kantor Cabang Pembantu seluruh Indonesia. Para PBO siap memberi pendampingan untuk bisnis, dan pengelolaan kekayaan atau Business & Wealth Advisory nasabah.

Tidak hanya itu, nasabah akan mendapatkan berbagai informasi terkini mengenai pengembangan bisnis dan investasi melalui layanan business corner, e-booklet, dan saran lainnya. Nasabah BTN Prospera dapat mengakses berbagai fitur, dan layanan melalui kanal digital BTN. Misalnya, BTN Mobile, dan Internet Banking Business. 

Sebagai bentuk apresiasi bagi kesetiaan nasabah, BTN memberikan manfaat loyalty melalui BTN Spekta Poin dan PLUS: Loyalty Platform. “Untuk menunjang gaya hidup nasabah, BTN memberi sejumlah manfaat menarik untuk bertransaksi perbankan, yakni di antaranya kartu debit, kartu kredit co-branding, layanan pinjaman lainnya yang akan diluncurkan segera, dan layanan eksklusif lounge bandara,” ucap Jasmin. (*)