EmitenNews.com -Emiten pengolah makanan beku berbasis udang milik Kaesang Pangarep, PT Panca Mitra Multiperdana Tbk (PMMP) akan memulai ekspor untuk variasi produk terbaru selain udang, yang akan dimulai pada kuartal IV-2023. Produk baru ini nantinya akan diekspor ke Amerika Serikat, khususnya pada segmen peritel.

 

Variasi produk baru tersebut adalah coldwater fish , antara lain ikan salmon dan pacific cod . "Awal tahun 2023 ini sebenarnya kami sudah mulai trial produksi untuk varian ini dan hasilnya cukup baik. Lalu, mulai bulan depan atau kuartal IV-2023, kami akan memulai ekspor perdana untuk varian produk terbaru, yang akan dimulai dengan ikan salmon. Produk ini nantinya akan berbentuk frozen food dan akan diekspor ke Amerika Serikat," kata Martinus Soesilo, Direktur Utama PMMP, dalam keterangannya yang dikutip pada Rabu (25/10/2023).

 

Emiten milik Ketua Umum PSI ini juga telah mendapatkan kontrak penjualan sebanyak 1.500 ton untuk produk baru ini hingga kuartal I-2024. "Untuk produk terbaru ini, kami sudah mengunci kontrak penjualan hingga kuartal I-2024 hingga sebanyak 1.500 ton atau senilai kurang lebih US$ 15 juta. Tentunya, hal ini akan menggenjot kinerja perseroan tahun depan, selain adanya tambahan volume dari produk udang," jelas Martinus.

 

Dia pun mengatakan, rencana tersebut merupakan bagian dari langkah strategis perseroan untuk terus mengembangkan usahanya dan menggenjot kinerja keuangan ke depannya. "Perseroan akan terus mengkapitalisasi setiap kesempatan yang diperlukan untuk mengembangkan perusahaan, dan ini adalah bentuk langkah strategis kami untuk menggenjot kinerja perseroan ke depan," tutur Martinus.

 

Dia menegaskan, dengan adanya variasi produk baru ini, PMMP dapat menggenjot kinerjanya dan mampu menumbuhkan pendapatan perseroan selama 2 tahun ke depan hingga sekitar 10-20%.

 

"Selain untuk menggenjot kinerja, PMMP ingin membuktikan bahwa PMMP mampu menghasilkan produk berkualitas tinggi di industri akuakultur selain udang dan memposisikan PMMP sebagai produsen berkualitas di pasar global," tegasnya.

 

Produk baru tersebut akan diproduksi di pabrik teranyar perseroan, yakni pabrik ke-9 yang telah diresmikan sebelumnya pada awal Juli 2023. Sebagai informasi, pabrik baru perseroan memiliki kapasitas produksi kurang lebih 5.000 ton per tahun, sehingga sekarang PMMP memiliki total kapasitas produksi sebesar 32.000 ton/tahun.