EmitenNews.com - Sawit Sumbermas Sarana (SSMS) mengeksekusi transaksi afiliasi sejumlah Rp124,17 miliar. Transaksi itu berupa pemberian jasa riset dan pengembangan oleh Citra Borneo Indah, induk perseroan. Transaksi afiliasi itu, telah dipatenkan pada 19 Desember 2022.


Transaksi itu melibatkan sejumlah pihak. Antara lain Sawit Sumbermas Sarana, Citra Borneo Indah, Sawit Multi Utama, Tanjung Sawit Abadi, Mirza Pratama Putra, Kalimantan Sawit Abadi, Mitra Mendawai Sejati, dan Menteng Kencana Mas. 


Kerja sama penggunaan jasa analis di laboratorium Sulung Research Station antara Citra Borneo dengan Sawit Sumbermas dengan berdurasi 12 bulan senilai Rp36,09 miliar. Lalu dengan Sawit Multi Utama sejumlah Rp26,05 miliar.


Kerja sama dengan Tanjung Sawit Abadi sebesar Rp18,64 miliar. Berikutnya, kerja sama dengan Mirza Pratama Putra bernilai Rp6,46 miliar. Lalu, kerja sama dengan Kalimantan Sawit Abadi sejumlah Rp10,26 miliar. Kemudian, bersama Mitra Mendawai Sejati sebesar Rp15,09 miliar. 


Dan, terakhir kerja sama dengan Menteng Kencana Mas berjangka 12 bulan senilai Rp11,55 miliar. Nilai kerja sama sebesar Rp124,17 miliar tersebut tidak melebihi 20 persen dari ekuitas perseroan. 


”Pemberian jasa riset dan pengembangan oleh Citra Borneo Indah dapat memenuhi kebutuhan mendasar perseroan dan anak usaha untuk mendukung kegiatan usaha bidang kelapa sawit,” tulis Swasti Kartikaningtyas, Sekretaris Perusahaan Sawit Sumbermas. (*)