EmitenNews.com - Sebagai seorang Aparatur Sipil Negara (ASN) harus dapat menjaga amanah kepercayaan yang diberikan oleh pimpinan, serta dapat menunjukkan kinerja yang baik sehingga keberadaannya dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat.


Demikian disampaikan Sekretaris Jenderal Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Dadan Kusdiana saat menyaksikan pelantikan Pejabat Fungsional, Pengukuhan Koordinator dan Subkoordinator serta Penyerahan Surat Keputusan Kenaikan Pangkat Periode Februari 2024 di Lingkungan Sekretariat Jenderal Kementerian ESDM pada hari ini, Rabu (31/1).


"Kepada Saudara-Saudara para pejabat fungsional yang baru dilantik baik yang melalui proses pengangkatan pertama dan kenaikan jenjang jabatan, apapun jabatan Saudara sebagai jalur karier, keberadaan Saudara adalah untuk melaksanakan tugas dan fungsi unit organisasi. Sehingga saya minta Saudara dapat melaksanakan tugas yang berorientasi kepada capaian kinerja organisasi, jangan lupa tugas utama kita sebagai ASN adalah juga melayani dan mengabdi kepada masyarakat luas," ujar Dadan.


Selanjutnya, kepada ASN yang baru dikukuhkan sebagai Koordinator dan Subkoordinator, Dadan meminta untuk dapat menjaga amanah yang sudah diberikan pimpinan dan dapat menunjukkan kinerja yang baik.


"Bagi Saudara-Saudara yang baru dikukuhkan sebagai Koordinator dan Subkoordinator, untuk Saudara ingat bahwa meskipun ini peran namun Saudara agar menjaga amanah serta kepercayaan yang diberikan oleh pimpinan, tunjukan kinerja anda dengan sebaik-baiknya sehingga keberadaan unit organisasi dirasakan manfaatnya oleh masyarakat," pinta Dadan.


Dadan mengingtkan integritas dan dedikasi yang tinggi harus ditunjukkan seorang ASN selain menjaga norma-norma aturan yang berlaku serta responsive karena secara periodik akan di evaluasi kinerjanya.


"Saudara agar senantiasa memiliki integritas dan dedikasi tinggi, menjaga norma-norma aturan yang berlaku, serta responsive. Tak lupa juga saya ingatkan bahwa Pimpinan akan melakukan evaluasi amanah yang telah diberikan secara periodik sehingga diharapkan Saudara dapat melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya," ungkap Dadan.


Sekretariat Jenderal sebagai unit yang mempunyai tugas memberikan dukungan kepada pimpinan dan seluruh unit di lingkungan KESDM, memiliki peran yang sangat strategis, sehingga kecepatan dalam pemberian pelayanan kepada pimpinan maupun kepada seluruh unit akan menjadi tolok ukur keberhasilan organisasi.


"Saya ingatkan juga kepada seluruh pejabat maupun pegawai yang hadir pada pelantikan pagi ini, agar kita dalam bekerja jangan lupa untuk selalu Cepat, Cermat dan Produktif (CECEP) serta berpegang pada Core value ASN," pungkasnya lagi.(*)