EmitenNews.com - Indeks harga saham gabungan atau IHSG pada perdagangan Kamis 24 Maret 2022 ditutup menguat 0,77% pada level 7049.


Saham sektor basic materials yang membukukan kenaikan terbesar menjadi salah satu pendorong IHSG. Sedangkan saham sektor transportasi mengalami koreksi terbesar. Investor asing net buy Rp1,74 triliun.


Waterfront Sekuritas memperkirakan pada perdagangan hari ini IHSG bergerak pada kisaran support 6997/6970 dan resistance 7050/7070. Saham bank dan tambang, antara lain BBRI, BMRI, BBRI, BBTN, INCO, TINS, ANTM, ITMG, ADRO, PTBA, INDY, serta ASII, TLKM menjadi unggulan sekuritas ini.


Indeks di bursa Wall Street ditutup menguat, rebound dari koreksi sebelumnya yang dipicu oleh turunnya data initial clailms yang mendorong optimisme kembali akan pemulihan ekonomi AS. Saham sektor yang diuntungkan dari pemulihan ekonomi, termasuk saham sektor teknologi dan komoditas, mengalami kenaikan.


Data initial claims pekan lalu menunjukkan klaim pengangguran sebanyak 187 orang, yang merupakam level terendah sejak tahun 1969. Meskipun demikian pasar masih memonitor perkembangan konflik Rusia-Ukraina serta rencana The Fed untuk meredam inflasi dengan menaikkan suku bunga.(fj)