EmitenNews.com -Emiten produsen bahan baku khusus (specialty materials) untuk berbagai industri, PT Tridomain Performance Materials Tbk (TDPM) pada 13 November 2023, baru saja  melakukan peningkatan modal ditempatkan dan disetor pada entitas usahanya.

 

Merujuk keterangan resmi TDPM, Stepanus Ardhanova selaku Direktur Utama mengatakan, peningkatan modal dan ditempatkan itu disetor dalam PT. Tridomain Chemicals melalui Konversi Piutang.

 

TDC merupakan entitas anak dari Perseroan dengan persentase kepemilikan di TDC adalah sebesar 92,88% dengan demikian TDC merupakan perusahaan terkendali Perseroan.

 

Dalam rangka melakukan penyediaan dana untuk keperluan Investasi TDC, sampai dengan, 30 Juni 2023 TDC memiliki fasilitas pinjaman pemegang saham berikut bunga kepada Perseroan sebagaimana tertuang dalam Perjanjian Pinjaman tertanggal 10 juni 2021 sebagaimana telah diubah pada tanggal 1 januari 2022 sebesar USD 50 juta dengan fasilitas yang sudah digunakan dan tercatat sebagai utang TDC sebesar USD48.474.333 yang tertuang dalam, Laporan Keuangan, TDC per 30 Juni 2023. 

 

Atas piutang-piutang tersebut Perseroan berencana untuk melakukan penambahan investasi melalui konversi piutang non-usaha dari TDC dimana atas penambahan investasi tersebut diambil seluruhnya oleh Perseroan dengan menerbitkan saham baru. 

 

Nilai piutang non-usaha Perseroan yang akan dikonversi menjadi Investasi kepada TDC senilai USD48.000.400 atau sebesar USD1.550 per lembar saham. Namun, nilai par pada TDC bernilai USD1.000 per lembar saham sehingga pada TDC akan mencatat agio saham sebesar USD550 pada akun Tambahan Modal Disetor.

 

Adapun pada tahun buku per 30 Juni 2023, ekuitas TDC berada dalam posisi defisiensi modal. Maka TDPM sebagai induk dari TDC ingin meningkatkan modal yang dimiliki oleh TDC melalui konversi utang kepada induk yaitu TDPM dan menjadi ekuitas anak perusahaan TDC, sehingga ekuitas TDS akan bertambah dan menjadi positif Atas Rencana Transaksi tersebut menyebabkan kepemilikan saham Perseroan di TDC yang semula USD5.573.000 dengan persentase kepemilikan 92,88% meningkat menjadi USD36.541,000 dengan persentase kepemilikan 98,84% dan mengakibatkan terdilusinya saham Gracco Asia Pacific Ltd. 

 

“Secara keseluruhan, Rencana Transaksi tersebut dapat memberikan manfaat bagi TDC dengan memperbaiki struktur permodalannya dan meningkatkan, modal kerjanya yang . dapat mendukung operasional dan pertumbuhan TDG,” tulis Manajemen TDPM.