EmitenNews.com - Bursa Efek Indonesia (BEI) besok Rabu (8/2), secara serempak menggelar Seremoni Pencatatan Perdana tiga emiten baru yaitu PT Petrindo Jaya Kreasi Tbk (CUAN), PT Saptausaha Gemilangindah Tbk (SAGE) dan PT Teknologi Karya Digital Nusa Tbk (TRON), yang merupakan Perusahaan Tercatat ke-24. 25 dan 26 tahun 2023.

 

PT Petrindo Jaya Kreasi Tbk (CUAN) memasang harga perdana Rp220 per saham. Harga perdana tersebut ini berada dalam rentang atas dari harga penawaran awal sebesar Rp200 - Rp 220 per saham.

 

Emiten tambang batu bara milik Taipan Prayogo Pangestu itu melepas sebanyak 1,690 miliar saham baru atau 15,03%  dari modal ditempatkan dan disetor penuh dengan nilai nominal Rp200 setiap saham. Dari IPO ini CUAN meraup dana sebesar Rp371,8 miliar.

 

Henan Putihrai dan BRI Danareksa Sekuritas selaku penjamin pelaksana emisi efek menjamin dengan kesanggupan penuh (full commitment) terhadap Penawaran Umum Perdana Saham Perseroan.

 

Dalam prospektus disebutkan Prajogo Pengestu sebagai pemilik 99,99 persen saham Petrindo akan berkurang menjadi menjadi 84,97 persen setelah IPO.

 

Kemudian PT Saptausaha Gemilangindah Tbk (SAGE) Sapta Group emiten bidang real estat memasang harga perdana Rp 100 per saham. Harga perdana SAGE berada dalam rentang bawah pada penawaran awal sebesar Rp 100 - Rp125 per saham.

 

Sapta Group ini melepas sebanyak 1,61 miliar saham atau setara 20,04% untuk publik. Sehingga dana yang diraup dari ipo ini hanya Rp 161 miliar.

 

Bertindak sebagai penjamin pelaksana emisi efek adalah Danatama Makmur Sekuritas. Sedangkan penjamin emisi adalah Artha Sekuritas Indonesia.

 

SAGE  juga menerbitkan 2,01 miliar waran seri I. Waran diberikan secara cuma-cuma sebagai insentif bagi para pemegang saham baru. Setiap pemegang 4 saham baru berhak memperoleh 5 waran dengan harga pelaksanaan Rp 110. dari waran ini SAGE mendapat dana tambahan Rp 221,3 miliar.