EmitenNews.com - Indonesia segera mewujudkan standardisasi baterai motor listrik. Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita mengatakan nota kesepahaman (MoU) terkait hal itu akan ditandatangani pada kuartal kedua 2024. Nantinya akan ada kerja sama tripartit, Kemenperin, pelaku usaha, dan PLN.

 

Kepada pers, usai acara pembukaan Indonesia International Motor Show (IIMS) 2024, yang akan berlangsung hingga 25 Februari 2024, di JI-Expo Kemayoran, Jakarta, Kamis (15/2/2024), Menperin Agus Gumiwang Kartasasmita mengatakan dalam mewujudkan standardisasi baterai motor listrik tersebut, pihaknya tidak sendiri.

 

Untuk mewujudkannya, Kemenperin tidak lupa menggaet pelaku usaha dan PLN dengan konsep kerja sama tripartit.

 

Nantinya, menurut Agus Gumiwang Kartasasmita, akan ada tripartit antara Kemenperin, PLN, dan pelaku usaha. “Konsepnya seperti apa, ya kesepahamannya bahwa harus ada standardisasi baterai.”

 

Selain itu, Menperin mengatakan pihaknya telah menyelesaikan konsep standardisasi baterai tersebut dan akan segera meluncurkannya kepada publik.

 

Selain membuat regulasi standardisasi baterai motor listrik, Kemenperin juga akan mendorong standardisasi baterai mobil listrik. Sasarannya agar ekosistem kendaraan ramah lingkungan di Indonesia dapat berjalan optimal. ***