EmitenNews.com - PT Adhi Commuter Properti (ADCP) membanderol harga saham perdana umum alias initial public offering (IPO) di kisaran Rp130-200 per lembar. Melepas 8.011.204.500 alias 8,01 miliar lembar, Adhi Commuter berpotensi meraup dana segar Rp1,04-1,60 triliun. Saham perdana itu, dipersenjatai nilai nominal Rp100. 


Berdasar prospektus, Kamis (21/1), pelepasan saham perdana anak usaha Adhi Karya (ADHI) itu setara 28,6 persen dari modal ditempatkan, dan disetor. Berdasar skenario, hasil dana IPO untuk kepentingan ekspansi. Tepatnya, 45 persen dari dana IPO untuk pengembangan proyek eksisting, dan proyek recurring. Kemudian, 35 persen untuk akuisisi atau pengembangan lahan baru. Lalu, 20 persen sisa untuk pembayaran kembali sebagian pokok obligasi Seri A.


Bertindak sebagai penjamin pelaksana emisi efek Bahana Sekuritas, CIMB Niaga Sekuritas, Maybank Sekuritas Indonesia, Mirae Asset Sekuritas Indonesia, RHB Sekuritas Indonesia, dan Sucor Sekuritas. Sedangkan penjamin emisi efek akan ditentukan kemudian.


Adhi Commuter, pengembang properti berbasis transportasi massal pertama, dan terbesar Indonesia. Adhi Commuter, salah satu anak usaha Adhi Karya bergerak bidang Property, Hospitality & Support. Mulai dari divisi Transit Oriented Development (TOD) Adhi Karya pada 2015, dan berkembang menjadi entitas terpisah pada 2018.


Adhi Commuter dibentuk untuk memenuhi kebutuhan menyediakan kawasan hunian terintegrasi, dan support facilities di area sekitar jalur Light Rail Transit (LRT). Hunian Adhi Commuter mengedepankan unsur connect, mixed-use, shift & transit, walkable dan densify, kawasan LRT City akan menjadi solusi bagi masyarakat yang tidak hanya memberikan kenyamanan bertempat tinggal, tetapi juga kawasan ini akan menjadi peradaban baru dalam kehidupan masyarakat kaum urban.


Adhi Commuter tengah mengembangkan 11 proyek, meliputi LRT City Bekasi-Eastern Green, LRT City Bekasi-Green Avenue, LRT City Jatibening, LRT City MTH, LRT City Tebet, LRT City Ciracas, LRT City Cibubur, LRT City Sentul, Adhi City Sentul, Grand Central Bogor-Member of LRT City, Cisauk Point Member of LRT City, dan Oase Park-Member of LRT City.


Berikut jadwal IPO Adhi Commuter Properti. Masa penawaran awal pada 27 Januari hingga 7 Februari 2022. Tanggal efektif pada 14 Februari 2022. Masa penawaran umum pada 15-21 Februari 2022. Tanggal penjatahan pada 21 Februari 2022. Distribusi saham secara elektronik pada 22 Februari 2022. Pencatatan di Bursa Efek Indonesia pada 23 Februari 2022. (*)