EmitenNews.com - Inflasi terjaga pada April 2024 dalam kisaran sasaran 2,5 persen plus minus satu persen. Bank Indonesia menilai kondisi itu terjadi berkat konsistensi kebijakan moneter dan sinergi pengendalian inflasi. Sinergi pengendalian inflasi antara BI dan pemerintah terjalin erat dalam Tim Pengendalian Inflasi Pusat dan Daerah (TPIP dan TPID).

"Inflasi yang terjaga merupakan hasil dari konsistensi kebijakan moneter serta eratnya sinergi pengendalian inflasi antara Bank Indonesia dan pemerintah pusat dan daerah," kata Direktur Departemen Komunikasi BI Fadjar Majardi di Jakarta, Rabu (8/5/2024).

Bisa dibilang, sinergi pengendalian inflasi antara BI dan pemerintah terjalin erat dalam Tim Pengendalian Inflasi Pusat dan Daerah (TPIP dan TPID). Itu berjalan melalui penguatan Gerakan Nasional Pengendalian Inflasi Pangan (GNPIP) di berbagai daerah.

Data Badan Pusat Statistik menunjukkan, inflasi Indeks Harga Konsumen (IHK) pada April 2024 tercatat sebesar 0,25 persen secara month to month (mtm). Dengan begitu secara tahunan menjadi 3 persen year on year (yoy). ***