EmitenNews.com -Melirik kinerja PT Indonesia Kendaraan Terminal Tbk (IPCC) di sepanjang tahun 2022, catatkan laba tahun berjalan sebanyak Rp161,72 miliar atau mengalami peningkatan sebanyak 169,29% YoY.


Untuk saat ini Manajemen sedang melakukan diskusi internal untuk menentukan besaran dividen yang akan dibagikan yang nantinya akan diputuskan dalam Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS). Sesuai dengan yang dilaporkan kepada Otoritas Jasa Keuangan dan PT Bursa Efek Indonesia, IPCC akan berencana melaksanakan RUPS Tahunan Tahun Buku 2022 pada 27 Juni 2022 dimana salah satu agendanya ialah Penggunaan Laba/Rugi Bersih. Umumnya agenda RUPS tersebut berkaitan dengan rencana pembagian dividen.


“Pembagian dividen ini merupakan apresiasi dari Manajemen kepada para pemegang saham loyal yang telah mendukung pencapaian IPCC. Adanya peningkatan kinerja dari IPCC di sepanjang 2022 memberikan sentimen positif pada saham IPCC. Di sisi lain, selain peningkatan harga saham IPCC, para investor pemegang saham pun juga akan mendapatkan dividen atas pencapaian kinerja kami,” kata Sugeng Mulyadi, Direktur Utama IPCC di sela-sela paparan kinerja di hadapan kegiatan mahasiswa Young Investor Universitas Padjadjaran di akhir pekan lalu. 


Untuk besaran, memang untuk saat ini belum dapat kami sampaikan karena masih dalam tahap pembahasan dan nantinya akan diputuskan dalam RUPS Tahunan akhir bulan ini. “Kita tunggu saja. Yang jelas, tentunya diharapkan yield-nya bisa lebih baik dari imbal hasil deposito sehingga memberikan nilai tambah bagi para pemegang saham IPCC,” jelas Sugeng.


Namun, jika berkaca dari historis pembagian dividen IPCC, maka besaran persentase pembagian dividen (Dividend Payout Ratio) di kisaran antara 50% hingga 70% dari Laba Bersih. Di sisi lain, untuk rencana pembagian dividen di tahun ini, IPCC sebelumnya telah membagikan dividen interim sebesar Rp22,71 miliar di awal tahun ini atau setara dengan dividen per lembar sebesar Rp12,49.