EmitenNews.com - Pemerintah mengajak para generasi muda terus meningkatkan keterampilan agar bisa berkontribusi membantu pemerintah menyambut Indonesia 2045. Menurut Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati penduduk Indonesia akan mencapai 350 juta orang pada tahun 2045. Itu artinya, akan banyak yang perlu disiapkan pemerintah untuk melayani warganya. Karena itu, pesan Menkeu generasi muda harus persiapkan diri dengan keterampilan untuk menyongsong seabad RI.

 

"Kalian harus punya keterampilan bagus, minat bagus, karakter bagus, hati kalian terus dijaga. Berjuang, jangan mau, jangan boleh Indonesia diurus orang-orang yang tidak baik," kata Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati dalam Ministry of Finance Festival (MOFEST) 2022 di Jakarta, Kamis (1/12/2022).

 

PBB baru saja mengumumkan populasi dunia saat ini mencapai 8 miliar orang. Untuk Indonesia mencapai 270 juga orang. Untuk 2045, atau saat 100 tahun kemerdekaan RI, jumlah populasi penduduk dalam negeri diperkirakan bakal mencapai 350 juta orang.

 

Proyeksi penambahan jumlah penduduk tersebut, dalam catatan Menkeu Sri Mulyani memiliki arti bahwa pemerintah harus menambah banyak fasilitas umum sehingga dapat mencukupi kebutuhan masyarakat pada 2045.

 

Untuk itulah, generasi muda masa kini harus bergerak cepat meningkatkan skill dan pengetahuan untuk dapat membantu pemerintah memenuhi target itu.

 

Terlebih lagi, komposisi demografi pada 2045 diperkirakan akan lebih banyak orang tua dibandingkan generasi muda sehingga banyak persiapan yang harus dipikirkan dan dikerjakan mulai saat ini.

 

Semua itu harus dilakukan karena jika populasi di sebuah negara sudah didominasi oleh generasi tua namun masyarakatnya belum sejahtera maka akan menimbulkan banyak permasalahan lain baik dari sisi keuangan hingga kesehatan.

 

"Jadi semakin banyak orang tuanya. Itu dari sekarang harus mulai dipikirkan, jangan sampai kalau istilah dalam ilmu ekonomi ada negara yang already getting old but they are not rich yet, they are still poor," kata Sri Mulyani Indrawati. ***