EmitenNews.com - Komite Stabilitas Sistem Keuangan (KSSK) melaporkan hasil rapat kedua KSSK pada 2024. KSSK menegaskan stabilitas keuangan Indonesia pada kuartal I 2024 tetap terjaga.


Dalam konferensi pers hasil rapat KSSK, Jumat (3/5/2024), Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati, selaku Ketua KSSK, mengatakan meskipun gejolak geopolitik global meningkat, yang meningkatkan ketidakpastian dan tekanan di pasar keuangan global, stabilitas keuangan di Indonesia masih terpelihara.


"Stabilitas ini didukung oleh kebijakan fiskal dalam APBN, kebijakan moneter dari Bank Indonesia, dan stabilitas sektor keuangan dalam negeri," kata Sri Mulyani.


Menkeu juga menekankan peningkatan ketidakpastian ekonomi dan gejolak geopolitik global memberi tekanan pada pasar domestik.


Rapat KSSK melibatkan Kementerian Keuangan (Kemenkeu), Bank Indonesia (BI), Otoritas Jasa Keuangan (OJK), serta Lembaga Penjamin Simpanan (LPS). Rapat ini diadakan secara berkala dan pada tahun ini digelar pada 30 April 2024.


Pihak terkait akan terus melakukan pemantauan dan evaluasi terhadap kinerja ekonomi dan sektor keuangan, serta dampak potensial dari faktor-faktor global terhadap stabilitas sistem keuangan dalam negeri.(*)