EmitenNews.com - Setelah menguasai pasar sewa mobil di India, platform berbagi mobil (sewa dan menyewa) Zoomcar mengumumkan ekspansinya di Indonesia. Peluncuran layanannya di Indonesia dilakukan setelah perusahaan ini memperoleh suntikan pendanaan senilai USD92 juta dari SternAeis Ventures.


President International Operations Zoomcar, Sreejith Hrishikesh, menyebut ekspansi bisnis secara geografis ini sejalan dengan misi utama Zoomcar untuk memberikan pilihan akses mobil di pasar negara berkembang terbesar, dengan populasi terbanyak, dan pertumbuhan paling cepat di dunia.


Sreejith mengungkapkan Zoomcar baru-baru ini berhasil meraih pendanaan tambahan melalui private placement senilai USD92 juta. Pendanaan dipimpin oleh SternAegis Ventures yang berbasis di New York dengan partisipasi dari pengelola dana dan investor institusional terkemuka di dunia.


“Dana tambahan ini akan digunakan untuk mengembangkan platform penyewaan mobil Zoomcar di India dan beberapa pasar di Asia, serta kawasan Timur Tengah dan Afrika Utara (MENA),” kata Sreejith pada acara peluncuran Zoomcar di Jakarta, Jumat (25/3/2022).


Menurut Sreejith, pihaknya akan terus berinvestasi pada platform engineering dan ilmu data (data science) yang canggih guna memperkuat kepemimpinan di pasar global. Selain melakukan peningkatan investasi dalam penerapan IoT, machine learning, dan visi komputer untuk terus meningkatkan pengalaman pengguna, Zoomcar juga berencana memperkuat solusi perangkat lunak untuk bisnis kepada produsen suku cadang orisinil dan perusahaan asuransi.


Untuk menggarap dan mengembangkan pasar Indonesia, Zoomcar menunjuk Tessa Karina sebagai Marketing Head.


“Kami sangat senang menyambut Tessa sebagai Marketing Head baru kami di Indonesia dan berharap pengalamannya dalam meningkatkan bisnis secara agresif dan membangun kemitraan yang kuat dapat berkontribusi terhadap pertumbuhan kami,” pungkas Sreejith.


Tessa sendiri merasa senang bisa menjadi bagian dari Zoomcar Indonesia dan berharap dirinya bisa berkontribusi mengantarkan Zoomcar Indonesia mencatatkan pertumbuhan yang signifikan.(fj)