EmitenNews.com - Benar. Setiap usaha selalu memiliki cerita perjalanan menarik untuk diulik. Perjuangan memulai bisnis dari nol, menghadapi beragam tantangan, hingga merajut mimpi agar usahanya semakin dikenal secara luas adalah hal yang tentunya ingin dicapai para pelaku UMKM. Tidak terkecuali Caramia Sitompul yang sukses mengembangkan produk lokal UMKM heritage.

 

Ya, cerita dan mimpi yang sama juga dimiliki oleh Tioria by Caramia, brand produk fashion lokal yang hingga kini masih terus berupaya mengembangkan usahanya bersama program BRI UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR. Bagi Caramia Sitompul, tantangan, dan halangan yang ada, makin menguatkan tekadnya untuk membuktikan bahwa produk lokal heritage juga bisa dicintai dunia.

 

Produk Tioria yang terkenal adalah Syal dengan berbagai gambar dan pola yang menekankan pada orisinalitas atau motif asli Indonesia. Produk-produk syal yang dihasilkan diberi nama-nama unik, seperti Borobudur, Bajaj Jakarta, Becak, Ondel-ondel, dan lain sebagainya.

 

Selain itu, Tioria juga menghasilkan produk-produk asesoris lainnya, seperti topi, pouch dan masker. Ada juga kabaya dan outer dengan pilihan motif colourful dan mengambil tema unik dari berbagai cerita dari daerah-daerah di Indonesia.

 

Kecintaannya di bidang seni dan fashion membuat Caramia Sitompul memiliki portofolio cemerlang yang menjadi modal utama dalam menekuni passionnya dalam hidup. Ia mengenyam pendidikan di bidang art and design di University of Michigan (UM), Amerika Serikat. Setelah itu, ia juga melanjutkan pendidikannya di bidang fashion designer di New York, AS.

 

Tak hanya latar belakang pendidikannya yang mengesankan. Ia juga pernah berkolaborasi dengan sejumlah merek fesyen global ternama seperti Calvin Klein (Collection, Platinum, dan Jeans), Donna Karan, DKNY, Kate Spade, Macy's, Ralph Lauren, dan lain-lain.

 

Kecintaan pada seni dan budaya Indonesia

Caramia memiliki kecintaan yang besar terhadap seni dan budaya Indonesia. Ini juga yang membuatnya kembali ke Indonesia dan mulai merintis Tioria, seperti cerita sang ibu, Joyce Sitompul. Sang ibu jugalah yang kini menjadi rekanan anaknya dalam menjalankan Tioria.

 

Bisnis Tioria berkembang dan kini memiliki 200 jenis produk, baik dari fesyen maupun aksesoris dengan tema budaya Indonesia. Lewat produk khas inilah Tioria kemudian bisa mengikuti program BRI UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR.