EmitenNews.com - Sukses penyelenggaraan MotoGP 2022 di Sirkuit Mandalika, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB), 18-20 Maret 2022, tidak bisa dipisahkan dengan peran total pemerintah. Terutama dukungan Rp2,48 triliun dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).


Dalam laman instagram pribadinya @smindrawat, Senin (21/3/2022), Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan, dana APBN turut berkontribusi dalam mendukung perhelatan akbar tingkat dunia itu.


Dalam keterangannya yang dikutip Selasa (22/3/2022), Humas Kementerian Keuangan dukungan APBN diberikan melalui Penyertaan Modal Negara (PMN) kepada Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) Rp1,3 triliun. Kemudian anggaran Kementerian/Lembaga sebesar Rp1,8 triliun, insentif bea masuk dan pajak impor Rp10,41 miliar. "Seluruh dukungan tersebut diberikan demi kelancaran acara yang sudah dinanti-nantikan ini."


Sri Mulyani mengatakan, berkat terselenggaranya MotoGP di Sirkuit Mandalika itu, kegiatan perekonomian penduduk sekitar turut berkembang. Bahkan para pembalap ikut memeriahkan acara dengan menggunakan atribut khas Indonesia, seperti topi caping. "Mereka juga membagikan momen-momen menyenangkan bersama para pelaku UMKM Lombok selama persiapan acara."


Jadi, meski perhelatan MotoGP telah selesai digelar di Sirkuit Mandalika pada 18-20 Maret 2022, event internasional ini diyakini akan membawa manfaat ekonomi bagi masyarakat setempat. Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno mengatakan, pergelaran MotoGP itu, menjadi promosi wisata yang sangat besar bagi Mandalika, termasuk untuk ekonomi. ***