EmitenNews.com - Pemeringkat Efek Indonesia (Pefindo) menetapkan peringkat PT Bank KB Bukopin (BBKP) dengan idAAA. Lalu, menetapkan peringkat idAA untuk obligasi subordinasi berkelanjutan II-2015 KB Bukopin yang masih beredar. Prospek untuk peringkat perusahaan stabil. 


Peringkat tersebut mencerminkan dukungan sangat kuat dari KB Kookmin Bank, posisi pasar kuat di industri perbankan, dan tingkat permodalan kuat. Namun, peringkat tersebut dibatasi indikator kualitas aset, dan profitabilitas lemah. Obligor berperingkat idAAA merupakan peringkat tertinggi yang diberikan Pefindo. Kemampuan obligor untuk memenuhi komitmen keuangan jangka panjang, relatif terhadap obligor Indonesia lain, adalah superior. 


Efek utang dengan peringkat idAA memiliki sedikit perbedaan dengan peringkat tertinggi yang diberikan. Kemampuan emiten memenuhi komitmen keuangan jangka panjang atas efek utang tersebut, dibanding emiten lain di Indonesia, adalah sangat kuat. Peringkat dapat diturunkan apabila Pefindo melihat tingkat dukungan atau kepemilikan KB Kookmin Bank menurun signifikan. 


KB Bukopin merupakan bank umum fokus pada bisnis retail, terdiri dari segmen usaha mikro, kecil dan menengah (UKM), dan konsumer. Pada akhir Maret 2022, pemegang saham pengendali Bank KB Bukopin yaitu Kookmin Bank Co., Ltd dengan kepemilikan 67,0 persen, dan publik 33,0 persen. kegiatan usaha KB Bukopin didukung 3.545 karyawan dengan 1 kantor pusat, 42 kantor cabang, 299 kantor cabang pembantu, 3 kantor lainnya, dan 577 ATM per 31 Maret 2022. (*)