EmitenNews.com - Arus peti kemas bertumbuh, dipicu oleh penambahan rute internasional oleh perusahaan pelayaran. PT Pelindo Terminal Petikemas (SPTP), subholding Pelindo, mencatat arus peti kemas sepanjang 2023 sebanyak 11,53 juta TEUS. Itu berarti tumbuh sekitar 2,63 persen dibandingkan periode yang sama di 2022 yang sebanyak 11,23 juta TEUS.

 

Dalam keterangannya di Surabaya, Jawa Timur, Rabu (7/12/2024), Corporate Secretary PT Pelindo Terminal Petikemas, Widyaswendra mengatakan arus peti kemas 2023 terdiri  3,62 juta TEUS peti kemas internasional, dan 7,91 juta TEUS peti kemas domestik.

 

"Peti kemas internasional tumbuh sekitar 3,9 persen jika dibandingkan dengan 2022 dan peti kemas domestik tumbuh sekitar 0,5 persen jika dibandingkan dengan periode tahun sebelumnya," kata Widyaswendra.

 

Peningkatan arus peti kemas internasional dipicu oleh adanya penambahan rute peti kemas internasional oleh perusahaan pelayaran.

 

Data pada 2023, SPTP mencatat sedikitnya terdapat penambahan 20 layanan rute baru yang melalui di IPC TPK, TPS Surabaya dan Terminal Teluk Lamong. Terdapat sembilan rute baru yang dilayani di IPC TPK, enam rute di TPS Surabaya, dan lima rute baru di Terminal Teluk Lamong.

 

Target perseroan arus peti kemas 2024 sebanyak 12,1 juta TEUS. Untuk mencapai target tersebut, SPTP akan menggali potensi pembukaan rute baru baik internasional dan domestik bersama perusahaan pelayaran.

 

SPTP juga akan melakukan kegiatan pemasaran bersama perusahaan pelayaran untuk program kontainerisasi muatan yang selama ini masih menggunakan kapal non peti kemas.

 

Widyaswendra menyebutkan, kolaborasi rute tol laut dengan rute hub and spoke bersama pelayaran komersial juga menjadi salah satu upaya PT Pelindo Terminal Petikemas untuk meningkatkan arus peti kemas yang dilayani di terminal yang dikelola oleh perseroan. ***