EmitenNews.com - Euforia drama korea Squid Game terus berlanjut. Dalam Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) CPNS Formasi Penjaga Tahanan dan Pemeriksa Keimigrasian, Kementerian Hukum dan HAM Jawa Timur, panitia menggunakan atribut ala pink soldier dalam serial Drama Korea tersebut.


Kelima pink soldier yang dilengkapi senjata laras panjang menghampiri para peserta. Alih-alih takut, para peserta ujian justru takjub dan memberikan tepuk tangan.


"Seru banget, bikin seneng," ujar Aini Sholikah, salah satu peserta dikutip dari Kominfo Jawa Timur, Jumat (5/11/2021).


Kepala Kanwil Kemenkumham Jatim, Krismono menjelaskan pihaknya memang ingin menciptakan suasana berbeda dalam seleksi CPNS. Pihaknya menentukan tema berbeda setiap hari. Di hari ke-12 ini, panitia tampil dengan tema Squid Game.


"Kami ingin membuat peserta lebih rileks dan bahagia," ujar Krismono.


Krismono menyebut pemilihan Squid Game karena ada kemiripan antara permainan asal Korea Selatan itu dengan seleksi CPNS. Para peserta harus melewati berbagai macam rintangan dalam permainan. Peserta yang bertahan sampai akhir akan mendapat hadiah.


"Dalam hal ini, bagi yang sukses akan diangkat menjadi CPNS Kemenkumham," jelasnya.


Sekolah di New York

Sementara itu, sekolah di New York melarang para murid mengenakan kostum Squid Game untuk Pesta Halloween. Pihak sekolah khawatir adanya unsur kekerasan dari pertunjukkan tersebut.


“Kepala sekolah kami ingin memastikan bahwa tidak pantas untuk siswa mana pun mengenakan kostum Halloween dari Series Squid Game ke sekolah karena berpotensi untuk menyebarkan pesan kekerasan melalui kostum tersebut,"  ungkap Craig Tice, pengawas sekolah Fayetteville-Manlius.


Tice juga melarang para siswa membawa senjata dan kostum dengan darah yang dikenakan pada Pesta Halloween. 


“Tidak ada barang berupa senjata seperti pedang mainan atau senjata api dan kostum yang terlalu berdarah-darah untuk dikenakan ke sekolah karena terlalu menakutkan,” tutupnya. (LW). ***