EmitenNews.com - PT Autopedia Sukses Lestari Tbk perusahaan yang bergerak di bidang otomotif, mulai dari lelang mobil dan motor, jual beli mobil online, dan penyedia data harga mobil dan motor, menangkap peluang dari prospek bisnis kendaraan bekas dengan melakukan penawaran umum perdana saham (Initial Public Offering/IPO) sebanyak 20 persen saham. Langkah ini merupakan komitmen Perseroan untuk mengembangkan ekosistem jual beli kendaraan bekas yang terintegrasi setelah resmi mendapatkan surat izin Pra-Efektif dan izin publikasi dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) pada 28 Desember 2021.

 

Anak usaha Adi Sarana (ASSA) ini menawarkan sebanyak-banyaknya sebesar 2.549.271.000 lembar saham atau sebesar 20% dari modal ditempatkan dan disetor penuh setelah Penawaran Umum Perdana Saham dengan harga penawaran Rp200 hingga Rp276 per lembar sahamnya.

 

Presiden Direktur Autopedia Sukses Jany Candra  mengungkapkan, momen ini akan menjadi pondasi utama dalam mengembangkan O2O business model untuk jual beli kendaraan bekas dengan melakukan transformasi teknologi dan digitalisasi lelang otomotif, serta menciptakan ekosistem jual beli mobil bekas yang lebih terintegrasi.

 

“IPO saat ini merupakan bagian dari strategi perseroan untuk menangkap peluang bisnis kendaraan bekas yang masih terfragmentasi di Indonesia. Sehingga, perseroan hadir untuk mengembangkan wadah baik untuk bisnis lelang maupun jual beli kendaraan bekas untuk penjual dan pembeli melalui platform JBA Indonesia dan Caroline.id,” kata Jany, Senin (3/1/2022).

 

Dari rencana itu, perseroan diperkirakan akan meraup dana Rp509,85 miliar hingga Rp703,59 miliar.

 

Jany menjelaskan bahwa dana yang diperoleh dari hasil IPO sebagian besar akan digunakan perseroan untuk operasional kegiatan usaha baru yang akan mulai beroperasi secara penuh pada awal tahun 2022, yaitu usaha jual beli kendaraan bekas baik online maupun offline. Seiring dengan upaya tersebut, perseroan juga akan memperluas jaringan dan meningkatkan inventori kendaraan bekas sebagai upaya untuk memberikan pilihan yang semakin bervariatif lokasi yang lebih terjangkau serta kenyamanan bertransaksi bagi konsumen potensial.

 

“Hal ini merupakan bukti Perseroan dalam mengembangkan lini bisnisnya di masa depan,” ujarnya.

 

Tentang PT Autopedia Sukses Lestari Tbk (“ASLC”)


Perseroan didirikan pada 18 November 2013 dengan nama PT Adi Sarana Lelang, kemudian pada September 2021 Perseroan melakukan perubahan nama menjadi PT Autopedia Sukses Lestari. Perseroan sebelumnya menjalankan kegiatan usaha di bidang jasa lelang sampai awal 2019 dengan merk “BidWin”, sampai pada Februari 2019 Perseroan melakukan akuisisi perusahaan lelang PT JBA Indonesia yang juga menjalankan kegiatan usaha di bidang jasa lelang dengan merk “JBA”. Sehingga saat ini kegiatan usaha di bidang jasa lelang dijalankan melalui Entitas Anak yakni PT JBA Indonesia.