EmitenNews.com - Telkomsel berkolaborasi dengan PT Permodalan Nasional Madani (PNM) dalam memperkuat digitalisasi Program PNM Membina Ekonomi Keluarga Sejahtera (Mekaar) guna mengakselerasi pemberdayaan perempuan prasejahtera pelaku usaha Ultra Mikro. 

 

Kolaborasi ini sejalan dengan peran terdepan Telkomsel sebagai penggerak ekosistem digital yang secara konsisten menghadirkan ragam solusi inovatif bagi para pelaku UMKM, yang kali ini diwujudkan melalui produk dan layanan unggulan Telkomsel Enterprise, yakni paket Device Bundling, Mobile Device Management dan Seamless Mobile Authentication sebagai solusi untuk meningkatkan produktivitas dan taraf hidup perempuan prasejahtera pelaku usaha. 

 

Selain itu, Telkomsel juga menyediakan paket komunikasi baik untuk account officer, ketua kelompok, maupun nasabah PNM untuk membantu berkoordinasi di lapangan dan meningkatkan produktivitas.

Vice President Corporate Account Management Telkomsel, Cheppy Djakaria mengatakan, 

 

“Berdasarkan data Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, 64% dari total pelaku UMKM di Indonesia adalah perempuan dengan kontribusi terhadap PDB nasional mencapai 61 persen. Tantangan UMKM bagi perempuan dalam mengembangkan usahanya masih cukup besar seperti penetrasi digital dan eksistensi di pasar berbasis digital yang terus mengalami tren peningkatan. Kolaborasi kami bersama PNM melalui pemanfaatan solusi teknologi, selaras dengan semangat Telkomsel yang terinspirasi dari Semangat Indonesia untuk bergotong royong menggerakkan kemajuan bangsa, dengan mendorong pemberdayaan perempuan prasejahtera agar lebih berdaya dan dapat mengatasi permasalahan sosial ekonomi. Kami berharap kolaborasi yang merupakan bagian dari komitmen implementasi ESG ini dapat meningkatkan kesejahteraan para perempuan yang nantinya dapat turut mendukung perekonomian bangsa melalui sektor UMKM dan ultra mikro.”



Corporate Secretary PT Permodalan Nasional Madani (Persero), L. Dodot Patria menjelaskan, PNM berkomitmen menjadi lembaga pembiayaan group lending yang terkemuka dan terbesar di dunia dalam meningkatkan nilai tambah secara berkelanjutan bagi sektor ultra mikro.  

 

Kolaborasi dengan pemanfaatan solusi digital Telkomsel, program PNM Mekaar dapat semakin meningkatkan produktivitas para pelaku usaha ultra mikro, khususnya perempuan melalui transformasi digital. Selain itu, kolaborasi ini juga turut meningkatkan efisiensi proses pinjaman mikro secara signifikan, meningkatkan jumlah nasabah PNM dan kemudahan akses permodalan, serta meningkatkan kesejahteraan ekonomi melalui peningkatan kemampuan pengelolaan keuangan, pembiayaan modal tanpa agunan, serta kompetensi dalam kewirausahaan dan pengembangan bisnis.



Melalui kolaborasi ini, Telkomsel menghadirkan pemanfaatan solusi digital, yakni paket Device Bundling, yang memberikan kemudahan dalam pembelian beragam pilihan perangkat dan paket konektivitas dengan harga terjangkau sesuai kebutuhan pelanggan. 

 

Kemudian menghadirkan solusi Mobile Device Management, yang memberikan perlindungan perangkat dan aplikasi dari pelanggaran data, menghindari kerugian finansial akibat kebocoran data, serta konfigurasi penggunaan aplikasi harian secara lebih mudah.