EmitenNews.com - PT Dirgantara Indonesia (Persero) atau PTDI berhasil menyelesaikan produksi pesawat NC212i pesanan Thai Department of Royal Rainmaking and Agricultural Aviation (DRRAA). Pesawat pesanan DRRAA sudah dikirim dari Hanggar Delivery Center PTDI Bandung ke Pangkalan Udara Nakhon Sawan, Muang, Nakhon Sawan, Thailand.


Pesawat diterbangkan oleh Test Pilot PTDI, Captain Esther Gayatri Saleh sebagai Pilot In Command Ferry and Acceptance Mission dan Test Pilot PTDI, Captain Adi Budi sebagai Copilot.


Pesawat dengan tail number AX-2131 ini merupakan pesawat NC212 series ke-10 yang dikirim oleh PTDI untuk DRRAA Thailand. Seperti disebut Indonesia Defense, penandatanganan kontrak pengadaan pesawat telah dilakukan pada November 2020 lalu antara PTDI dengan A.I.C.E. Enterprises (Thai) Co., Ltd. Nantinya pesawat akan diubah oleh DRRAA Thailand, yang awalnya merupakan troop transport menjadi konfigurasi rain making untuk modifikasi cuaca.


Direktur Keuangan, Manajemen Risiko & SDM PT Dirgantara Indonesia Wildan Arief mengatakan NC212i memiliki kemampuan yang sangat beragam dari segi spesifikasi. "Yang kami kirim hari ini adalah konfigurasi angkut pasukan yang selanjutnya bisa dimodifikasi untuk pembuatan hujan," kata Wildan Arief.


Kemampuan NC 212i sangat ideal untuk kondisi geografis Thailand, dimana tidak menutup kemungkinan kedepannya akan ada jenis pesawat lain yang juga sesuai dengan kondisi geografis Thailand yaitu N219 yang diharapkan akan menjadi kontrak selanjutnya dengan Thailand.


“Kami juga tidak hanya menyediakan dan menjual pesawat, tetapi juga memberikan layanan purna jual, beserta dukungan suku cadang, sehingga banyak negara yang nyaman dengan kami, karena PTDI bisa menjadi one stop service bagi mereka,” ujarnya.


Pesawat NC212i merupakan pesawat angkut ringan dengan sistem avionik modern full glass cockpit dan autopilot. Pesawat juga dilengkapi dengan winglet, ramp door dan memiliki ukuran kabin yang luas jika dibandingkan dengan pesawat sekelasnya.


Sejak tahun 2014, PTDI merupakan satu-satunya industri manufaktur pesawat terbang di dunia yang memproduksi pesawat NC212i dan hingga saat ini terhitung sebanyak 122 unit pesawat NC212 series yang telah diproduksi dan dikirimkan PTDI ke berbagai customer, baik dalam maupun luar negeri, dari total sebanyak 606 unit populasi pesawat NC212 series di dunia.(*)